Deklarasi Damai, Ratusan Cakades Bersikap "Menang kalah tetep rukun kumpul sedulur dadi akur,”

dok hms

Kasihinfo.com Klaten- Sebanyak 798 calon kepala desa (cakades) yang akan berlaga pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II di 270 desa mengikuti acara deklarasi damai yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Klaten di GOR Gelarsena Klaten, Selasa, 6 Maret 2019.  Pilkades  serentak akan diselenggarakan pada Rabu, 13 Maret 2019 mendatang.  

Ada 10 poin isi deklarasi, yakni seluruh cakades berjanji dan siap mentaati dan patuh terhadap perundang-undangan yang berlaku, menciptakan iklim kondusif menjelang pelaksanaan, pada saat pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan Pilkades serentak. seluruh cakades saling menghormati, tidak saling meghujat antar cakades satu dengan yang lainnya. 

Berkampanye pada hari yang telah ditentukan dengan tertib, tidak melakukan arak-arakan menggunakan kendaraan yang dapat mengangganggu ketertiban dan ketentraman umum. tidak akan memberikan janji-janji yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan. Kemudian apabila terjadi permasalahan atau perbedaan pendapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat tidak akan terpancing dan terprovokasi tidak akan mengerahkan massa serta tidak akan melakukan tindakan anarkis. 

Kepala Dispermades Klaten H Joko Purwanto SSos MM  mengatakan, semua cakades siap bersikap ““siapapun yang terpilih harus kita dukung” katanya.
Menang kalah tetep rukun kumpul sedulur dadi akur,” menerima dan mendukung siapapun calon yang terpilih.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, semua cakades Kabupaten Klaten harus siap menang dan siap kalah. Seperti semboyan masyarakat Jawa bahwa menang ojo umum dan kalah ojo ngamuk dan kepala desa terpilih untuk bisa menggandeng seluruh masyarakatnya pasca pilkades serentak 2019. 

Bupati berpesan agar kepala desa terpilih untuk bisa mepersatukan kembali masyarakatnya setelah Pilkades selesai. Sehingga masyarakat Klaten tetap bersatu dan dapat menyukseskan hajat politik nasional yakni Pilpres, Pemilu Legslatif dari DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Pemilu untuk memilih DPD RI pada 17 April mendatang. (humas)

Lebih baru Lebih lama