Hari puisi nasional,gelar lomba baca puisi berhadiah wajan



Kasihinfo.com Klaten - Ada cara unik yang dilakukan warga di klaten jawa tengah , dalam memperingati hari puisi nasional.  mereka menyelenggarakan lomba baca puisi antar warga di jalan dan bagi pemenang  mendapatkan berbagai souvenir, salah satunya wajan.

Satu  persatu warga di dukuh geritan , desa belang wetan , klaten utaar klaten ini, pada hari jumat sore, 26 april 2019, maju di depan warga untuk membaca puisi. tidak hanya anak-anak saja , namun banyak ibu rumah tangga yang ikut serta dalam lomba baca pusi tersebut. 

Penggagas lomba baca puisi,  temanku lima benua (liben) mengatakan,  lomba baca puisi ini diadakan untuk memperingati hari puisi nasional yang jatuh pada 28 april.  karena masih berdekatan dengan dengan peringatan hari kartin,  maka puisi yang dibacakan seputar sejarah kartini. selain itu juga puisi hasil karya penyair chairil anwar dan puisi mengenai perjuangan che quevara.

“sengaja memilih tiga tokoh in, yaitu kartini, chairil anwar,  dan che quevar,  karena mereka adalah tokoh atau simbol perlawanan.  kartini melawan penindasan kolonialisme dan sistem adat, chairil anwar lewat puisinya melawan penindasan jepan,  dan pemikiran che quevara yang melawan kapitalisme dan penindasan. “ kata lima benua.

Di akhir acara, panitia mengumumkan para pemenang lomba baca puisi, dengan mendapatkan berbagai souvenir yang telah disediakan , seperti buku tuli, kaos, dan wajan berbagai ukuran.

Salah satu warga yang menjadi peserta lomba baca puisi, muaya(68 Th) mengaku senang dengan pelaksanaan lomba kali ini. “Selain sebagai media hiburan warga, juga melatih bakat terpendam ibu-ibu setempat, karena mereka ternyata  lihai dalam baca puisi” kata ,muaya.

Hari puisi nasional yang jatuh pada 28 april ini untuk memperingati wafatnya penyair terkemuka chairil anwar. dia lahir pada 26 juli 1922, dan wafat pada 28 april 1949. chairil anwar dikenal sebagai pelopor puisi modern indonesia.(h-d)


Lebih baru Lebih lama