Sambut bulan ramadhan, ratusan ibu-ibu kampanye hidup sehat



Kasihinfo.com Klaten - Berbagai cara terus dilakukan oleh penggiat kesehatan di klaten jawa tengah, dalam mewujudkan warga masyarakat yang sehat. Seperti yang dilakukan oleh FKD atau forum kesehatan desa manjung, dan bidan desa manjung,  kecamatan ngawen, klaten jawa tengah, minggu siang, 5 mei 2019. Bertempat di lapangan desa manjung, ratusan ibu-ibu penggiat kesehatan tersebut , mempromosikan gerakan masyarakat hidup sehat GERMAS.

Kegiatan yang diikuti sekitar 300 orang  tersebut diisi dengan senam bersama, gerakan mencuci tangan dengan air mengalir PHBS, gerakan pemberantasan tikus guna mencegah penyakit leptospirosis, serta DBD, bersih lingkungan yaitu selokan dan bersihkan sungai dari sampah, dan promkes tentang penyakit TBC DBDas.


Menurut ketua penyelenggara dewi isbat mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut datangnya bulan ramadhan, sekaligus mendukung program pemerintah kabupaten klaten dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, sekaligus mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat.

“kami forum kesehatan desa manjung , bidan desa serta kader posyandu , terus mengajak warga setempat untuk hidup sehat. Dengan berperilaku hidup sehat ditengah masyarakat, guna menciptakan lingkungan bersih, dan secara rutin membersihkan sungai yang ada di desa setempat” katanya .


Dalam kesempatan tersebut diisi dengan gerakan masyarakat hidup sehat, atau GERMAS, salah satunya dengan ajakan minum tablet tambah darah bagi remaja putri sehari satu tablet, sebagai suplemen zat gizi yang mengandung asam folat. Selain itu, juga dilakukan Pendidikan kesehatan, yaitu memberikan berbagai informasi kesehatan beberapa penyakit salah satunya  tuberkulosis (TBC), baik informasi dari gejala hingga cara mencegah penularan TB.

Dewi isbat menambahkan jika desa manjung sendiri sudah termasuk desa open defecation free (ODF), menjadi penanda perubahan perilaku dan komitmen warga desa setempat untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar sembarangan. 

Selain desa odf, desa manjung juga sudah menjadi desa bebas dari demam berdarah. Kini forum kesehatan desa dan warga masyarakat desa setempat terus berupaya membasmi  tikus, guna mewujudkan desa manjung bebas leptospirosis. (h-d)

Lebih baru Lebih lama