Diklaim mampu tahan hama, 5 varietas baru benih kedelai diperkenalkan


Kasihinfo.com Cawas - Badan Pengembangan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Dinas Pertanian (Dispertan) provinsi Jawa Tengah menggelar sosialisasi 5 varietas baru benih kedelai di desa Balak,  Kecamatan Cawas Klaten Kamis (10/10/2019). Benih itu diklaim mampu tahan hama dan memiliki potensi hasil  berbiji lebih besar daripada varietas benih lainnya. 

Ketua BPSB Dispertan Jateng, Ambar menuturkan 5 varietas kedelai unggulan yang mempunyai produksi tinggi dan tahan hama. Kelima varietas yaitu Biosoy 1, Biosoy 2, Dega 1, Dega 2, dan Grobogan. Dengan pengenalan varietas baru ini diharapkan berkontribusi dalam meningkatkan produksi kedelai nasional untuk swasembada kedelai.

Ia mencontohkan kedelai Biosoy bahwa ukuran bijinya lebih besar dari ukuran normal. Tidak hanya itu, kedelai biosoy memiliki jumlah cabang dan polong yang lebih banyak. Untuk kekokohan batang juga lebih kuat sehingga tidak mudah rubuh dibanding kedelai biasa.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan perikanan (DPKPP) Widayanti mengapresiasi upaya pengenalan varietas baru benih kedelai untuk petani di desa Balak. Hal itu mengingat kebutuhan akan kedelai untuk mencukupi protein sangat dibutuhkan masyarakat. 

"Dalam kurun waktu tidak terlalu lama, benih sebar varietas unggul baru ini diharapkan dapat didistribusikan ke petani sehingga berdampak terhadap peningkatkan produksi nasional kedelai menuju swasembada kedelai,"kata Widayanti.

Terpisah kepala Desa Balak, Margono mengaku senang dengan sosialisasi variestas baru kedelai. Hal itu bisa mendorong petani di desanya agar segera dapat menanamnya , mengingat hasil produksi kedelai saat ini kurang maksimal yang disebabkan faktor alam. 

"Saya berharap pendampingan dan arahan BPSB untuk benih kedelai agar produksinya meningkat,"pungkasnya.(jat) 
Lebih baru Lebih lama