Terkendala HP dan kuota, Pembelajaran daring di SMP N 1 Jogonalan tetap maksimal


Disela pelaksanaan Daring, guru dan karyawan SMP N 1 Jogonalan berjemur bersama di halaman sekolah

Kasihinfo.com jogonalan - Akibat wabah corona, proses pembelajaran siswa hingga saat ini dilakukan via daring, dengan siswa berada di rumah masing-masing. Namun berjalannya waktu, berbagai keluhan dari pihak orang tua bermunculan , khususnya pembelian kuota internet, terlebih saat ini ada beberapa orang tua siswa yang terdampak secara ekonomi akibat covid-19.
Hal tersebut disampaikan oleh kepala SMP N 1 jogonalan klaten, Endah sulistyowati, disela pelaksanaan pengarahan serta koordinasi dengan guru dan karyawan ,  sambil melaksanakan berjemur bersama,  di halaman sekolah setempat. Endah mengatakan , kegiatan daring yang dilakukan oleh pihak sekolah, sebenarnya selesai pada hari selasa ini, namun waktu belajar dirumah diperpanjang akibat corona. Pihak sekolah mencari cara , bagaimana proses belajar para siswa tetap berjalan . Daring di SMPN 1 Jogonalan dilakukan dengan model tiga hari on atau pembelajaran, dan tiga hari off atau tugas mandiri. Daring dilakukan dari jam 7.00 sampai jam 11.00.
“Di minggu pertama, proses belajar dirumah melalui internet bisa berjalan normal, namun belakangan muncul keluhan orang tua dalam penyediaan kuota internet bagi anak mereka , terlebih ada beberapa laporan jika beberapa orang tua ada yang dirumahkan dari kerjaan, akibat dampak corona” katanya.
kendala lainnya, ada juga beberapa anak yang tidak mempunyai hp, dan diganti tugas dengan mengerjakan tugas via paper test. untuk mengantisipasi kendala kuota internet, SMP N Jogonalan 1 mulai hari rabu (15/04/2020) pembelajaran daring menggunakan dua jadwal atau dua maple, jam pertama pembelajaran daring yang dibuat sekolah, dan jam kedua menggunakan pembelajaran lewat Televisi yaitu TVRI.
Sementara itu wali kelas 8, SMP N 1 Jogonalan, haryono mengatakan, selama pembelajaran daring,  absen (presensi) dari siswa sering terlambat.  Alasannya,  siswa tidak mempunyai kuota,  sehingga ada siswa yang baru absen pada malam hari .  meski begitu, tanggung jawab siswa untuk mengumpulkan tugas sangat baik. (h-d)



Lebih baru Lebih lama