Malam Suro, Paguyuban Ontel Pundungan Kirab Kebo Wesi



Kasihinfo.com Klaten - Banyak cara dilakukan warga masyarakat jawa dalam merayakan malam peringatan tahun baru Islam, atau dikenal malam 1 suro, rabu malam 19 Agustus 2020. Di klaten, Jawa Tengah, sejumlah warga desa Pundungan, kecamatan Juwiring, Klaten, dengan memakai pakaian jawa lurik dan mengenakan tudung penutup kepala  blangkon merayakan malam suro dengan mengelar karnafal atau kirap sepeda  besi kerbau.

Kerbau disini bukan binatang yang dikirap seperti kerbau kyai slamet di keraton surakarta saat malam suro, namun sepeda ontel jawa kuno yang sering dikenal nama sepeda kebo atau kerbau.
Berbagai merk sepeda tahun buatakan 1980 hingga 1990 an seperi merk simplek,royal,  hingga himber dan rely di naiki sejumlah warga  dengan mengenakan pakaian jawa kuno berkeliling desa  sambil menikmati suasana malam.

“ini agenda paguyuban ontel Pundungan, dalam rangka kirab kebo wesi, atau kirab sepeda ontel di malam 1 muharam  tahun 2020. Ini untuk mempererat tali persaudaraan antar warga pecinta sepeda ontel, sekaligus sebagai peringatan malam tahun Islam atau Suro” kata camat juwiring Herlambang jaka santosa.

Selain berkeliling sepeda para warga ini juga melakukan doa bersama dan tirakatan  untuk keselamatan di malam tahun islam ini.

“Diharapkan dengan kegiatan ini juga melestarikan budaya dan trasidi jawa juga untuk mensosialisasikan protokol kesehatan selama pandemi  covid 19” kata danang setyawan, salah satu peserta kirab.(s-e)


Lebih baru Lebih lama