Paling beresiko, Nakes puskesmas rutin discreening


Kasihinfo.com Klaten - Screening untuk mengetahui kondisi kesehatan para tenaga kesehatan (nakes) puskesmas di Kabupaten Klaten akan rutin dilakukan. Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten mengungkapkan bahwa screening yang dilakukan secara rutin dan berkala tersebut untuk memastikan pelayanan kesehatan pada masyarakat dapat berlangsung baik dan aman.


“Nakes kita programkan untuk terus screening dari awal. Nakes itu berkala karena memang paling beresiko. Kemarin sudah terkonfirmasi positif ada sebelas. Kemudian (pelayanan) satu puskesmas kita geser ke Ceper” Ungkap Pjs Bupati Klaten saat ditemui di DPRD Klaten, Senin siang (26/10).


Dikatakannya, bila terdapat nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 maka akan diisolasi. Termasuk, bila satu puskesmas harus diliburkan maka pelayanan akan dialihkan ke puskesmas lain untuk sementara waktu. 


“Ini kita terus minta secara rutin dan berkala, tes lagi dan lagilagi tujuannya apa? Supaya yang melayani bersih, jangan sampai yang melayani sampai ada covid nya” Imbuh Sujarwanto


Ia pun menghimbau agar semua pihak, baik itu nakes maupun masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan seperti 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.


Sujarwanto meminta masyarakat untuk tidak perlu takut datang ke puskesmas bila memang membutuhkan pelayanan kesehatan. Namun dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan dengan baik.



“Masyarakat tidak perlu takut (untuk datang ke fasilitas kesehatan) karena justru itu tadi, cara screening kita untuk mengamankan masyarakat. Kalau kita tidak screening terus mereka OTG kan tidak ketahuan. Kita usahakan semua bebas covid dan 3M harus tetap dijalankan seperti memakai masker dan sebagainya” Pungkasnya


Sebagai informasi, penambahan kasus positif Covid-19 dari nakes tersebut berlangsung selama empat hari berturut-turut sejak Kamis (22/10) hingga Minggu (25/10). Temuan kasus positif pada nakes tersebut menyusul dilakukannya screening di beberapa puskesmas maupun rumah sakit yang ada di Klaten. 


Adapun rincian beberapa kasus tersebut antara lain pada Kamis (22/10) lalu screening di Puskesmas Jambukulon menemukan empat nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, pada Jumat (23/10) hasil screening di Puskesmas Manisrenggo menunjukan satu nakes positif terpapar virus tersebut, pada Sabtu (24/10) hasil screening di Puskesmas Jogonalan II menunjukan dua nakes yang positif terpapar Covid-19, dan dari RSST menemukan satu kasus nakes positif. 


Data terkini, pada Minggu (25/10) sebanyak tiga  kasus nakes terkonfirmasi positif hasil screening dari dari Puskesmas Karangnongko. (Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten)

Lebih baru Lebih lama