Dorong Partisipasi Pemilu, 26 Baliho Pilkada Dipasang Tiap Kecamatan

 


Kasihinfo.com Klaten - Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (pilkada) Serentak Rabu Wage, 9 Desember 2020 dibawah bayang-bayang pandemi penyebaran covid 19 mendapat perhatian serius Pemerintah Kabupaten Klaten.  Untuk mendorong partisipasi politik masyarakat sekaligus penerapan disiplin protokol kesehatan bagi pemilih, melalui Dinas Komunikasi Informatika Klaten, Pemkab Klaten memasang 26 baliho ukuran 4 x 3 m ditempatkan di papan informasi di 26  kecamatan di seluruh Kabupaten Klaten.

Pesan publikasi itu bertulisankan “AYO SUKSESKAN PILKADA SERENTAK RABU WAGE, 9 DESEMBER 2020.  BEDA PILIHAN TETEP PASEDULURAN, COVID AMAN AYO PADA MASKERAN”.  Selain itu dibagian bawah juga dituliskan 8 protokol kesehatan agar dipenuhi masyarakat saat melakukan pemungutan suara.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Klaten Amin Mustofa menjelaskan bahwa partisipasi politik masyarakat perlu diingatkan dari awal di tengah upaya pemerintah menangani penyebaran covid 19 yang masih ada.  Tapi yang pasti masyarakat tidak perlu, kuatir berlebihan.  Maka protokol kesehatan menjadi pesan yang penting untuk dilaksanakan semua pihak.

“Di masa pandemi ini ukuran keberhasilan pilkada 2020 tidak saja dilihat dari tingkat partisipasi politik warga,  tapi juga bagaimana pasca pilkada nanti tidak ada ledakan penambahan kasus covid 19. Hal ini adalah tantangan pemerintah dan lembaga penyelenggara pemilu untuk menjaganya.  Minimal pemerintah melalui Dinas Kominfo Klaten sejak awal, sebulan pelaksanaan pilkada sudah sosialisasi melalui peran dan kewenangan yang ada” jelas Amin Mustofa kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo (Selasa, 24/11/20) di ruang kerjanya.

Jumlah materi baliho itu  kata Amin ada 26 buah dengan ukuran 4x3 meter.  Baliho berada di lingkungan atau tempat strategis di 26 kecamatan sehingga diharapkan bisa dibaca dan diketahui seluruh masyarakat Klaten, khususnya yang sudah memiliki hak pilih.  

“Selain baliho, kami juga menyebar 26 spanduk untuk dipasang di setiap kecamatan.  Pemasangan sudah kami lakukan sejak 12 November 2020.  Semoga informasi ini bisa membantu para penyelenggara pemilu khususnya mendorong tingkat partisipasi politik warga. Yang terpenting masyarakat harus disiplin menjaga protokol kesehatan selama pencoblosan.  Boleh kita beda pilihan, tapi kita tetap menjaga paseduluran alias persatuan.  Agar Klaten covid 19 di Klaten aman, jangan lupa selalu maskeran” tegas Amin. (Joko priyono Dinas Kominfo Klaten)

Lebih baru Lebih lama