Antisipasi Banjir, Warga Ngemplak Bersihkan Rumpun Bambu Yang Hambat Aliran Sungai

 

Warga, Relawan, TNI, Polri dan petugas BBWS BS sedang membersihkan rumpun bambu di Desa Ngemplak, Kalikotes. Selasa, (5/1/2021)

Kasihinfo.com Kalikotes -  Selasa pagi, 05 Januari 2021, puluhan warga, relawan, dibantu TNI, Polri, dan petugas BBWS Bengawan Solo membersihkan rumpun bambu yang longsor dan menutup aliran sungai di dukuh Purnan, Desa Ngemplak, Kecamatan Kalikotes, Klaten.

Dengan menggunakan Alat pemotong mesin senso, petugas memotong bambu yang roboh dan melintang yang menghambat aliran sungai. Terlihat juga warga dan petugas, bergotong royong menaikkan potongan bambu dari dasar sungai.

Kepala desa Ngemplak, Tri Maryani mengatakan, kegiatan bersih sungai sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di desa setempat, dengan melibatkan warga, relawan dan petugas. Terlebih saat ini ada rumpun bambu yang longsor dan menutup aliran sungai setempat.

“ ini membersihkan sungai dari rumpun bambu mas, karena ada rumpun bambu yang longsor dan menutup aliran sungai. Dikawatirkan jika tidak langsung diatasi, akan menyebabkan banjir jika hujan dating” kata Tri Maryani.

Ibu kades menambahkan jika, kegiatan gotong-royong ini sebagai langkah antisipasi, mengingat daerah setempat menjadi langganan banjir tiap tahunnya, jika intensitas hujan tinggi, dan membuat aliran sungai meluap. Ia berharap, dengan kagiatan bersih sungai secara rutin, bayang-bayang akan banjir tidak akan terjadi kembali.

“ memang saat hujan lebat, aliran sungai bisa meluap, bahkan sempat masuk ke rumah warga mas. Semoga dengan sering dilakukan gotong royong bersih sungai ini, banjir yang meluap ke perkampungan warga tidak akan terjadi kembali” pungkasnya.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama