Bangkit Di Tengah Pandemi, Warga Tijayan Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Kolam Ikan

 

Kades Tijayan Joko Lasono, saat panen lele bersama Warga sekitar, rabu,(18/2/2021)

Kasihinfo.com Manisrenggo – Berbagai cara dilakukan untuk terus bangkit di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, seperti yang telah dilakukan pemerintah desa Tijayan, kecamatan Manisrenggo, Klaten, bersama warga sekitar. Dimana dengan memanfaatkan keberadaan embung Tijayan, lahan tidur di seputaran embung dijadikan kolam ikan lele.

Kepala desa Tijayan, Joko Lasono mengatakan, di lahan tidur yang berada di sebelah selatan embung Tijayan dibuat kolam sebanyak 7 buah, dan dikelola warga sekitar, dan hari ini,(rabu(17/2/2021) sudah dilakukan panen lele. Setidaknya keberadaan kolam ini bisa sedikit membantu warga sekitar untuk terus bangkit dari dampak ekonomi yang dirasakan selama masa pandemi.

“hari ini sudah mulai panen lele mas, dari kolam yang dikelola warga sekitar, dan lele hasil panenan selain dikonsumsi sendiri juga dijual kepada warga sekitar pula. Ya semoga keberadaan kolam ikan ini bisa membangkitkan perokonomian warga kembali di tengah pandemi covid-19 yang hingga kini terus berlangsung” kata kades Tijayan tersebut.

Joko Larsono menambahkan, Program perikanan ini juga untuk mendorong masyarakat gemar makan ikan, terlebih dimasa pandemi, ikan baik untuk memenuhi gizi masyarakat dalam meningkatkan imun.

Ke depan, keberadaan embung Tijayan akan dimanfaatkan sebagai sentra wisata kuliner, dimana embung akan dibuat sebagai tempat pemancingan terbuka ikan air tawar, dan diseputaran embung akan dibuat sebagai lokasi kuliner yang dikelola warga sekitar, sehingga akan menghidupkan roda perekonomian warga sekitar.

“ kedepan, embung ini akan dijadikan lokasi pemancingan untuk umum mas, dan di seputaran embung akan dibuat lapak untuk warga berjualan, sehingga roda perekonomian warga sekitar akan terus bergulir, dengan harapan ekonomi warga di tengah pandemi terus meningkat” pungkasnya.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama