Komplotan Pembobol Mesin ATM Lintas Propinsi Berhasil Dibekuk

Keempat pelaku pembobol ATM di komplek Pabrik Gula Gondang berhasil diamankan polisi.


Kasihinfo.com Klaten – Akhirnya 4 pelaku pembobolan ATM Bank BRI di komplek Pabrik Gula Gondang Baru, Kraguman, Jogonalan, Klaten, berhasil diamankan Jajaran Satreskrim Polres Klaten.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan, Aksi pembobolan ATM di komplek Pabrik Gula ini diketahui sekitar pukul 08.00 WIB. Awalnya satu tersangka berhasil ditangkap di TKP sedangkan 3 tersangka melarikan diri dan berhasil diringkus diwilayah Ngawen, Klaten.

"Dalam melancarkan aksinya komplotan tersebut mencari bilik ATM yang sepi atau lemah pengawasan. Pelaku membobol ATM dengan cara mematikan aliran listrik pada saat proses penarikan dan mencongkel uang yang hendak keluar dari mesin sebelum terdebet oleh sistem" kata kapolres saat konferensi pers di Halaman Mapolres Klaten, Senin (9/3/2021).

Keempat pelaku tersebut yaitu Aldy (32) Sidoharjo sedangkan  Edi (28), rizal (32) dan Syahril Azmi (30) warga Lampung dalam melancarkan aksinya, pelaku hanya butuh 3 menit.

Berdasarkan hasil pengembangan penyelidikan, kata Kapolres, ke empat tersangka tersebut merupakan residivis kasus yang sama. Tercatat para tersangka sudah melakukan sebanyak 18 kali di TKP yang berbeda, diantaranya di Kalimantan Timur serta di Jawa Tengah, meliputi Surakarta, Pati, Kendal, Pemalang dan terakhir di Klaten.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa obeng, alat pencukit, tang, kartu ATM BRI, Gembok Besi, Senter, Stik Fibber Modifikasi dan 1 Unit KBM Wuling Confero warna Merah No. Polisi F 1885 JT untuk sarana operasional.

Akibat perbuatannya, kini keempat pelaku diamankan di Polres Klaten dan dijerat pasal 363 KUHP Ayat (1) Jo Pasal 53 Ayat (1) KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman maksimal 7 tahun Penjara.

Sementara, Pimpinan Cabang Bank BRI Klaten, Sumarno mengapresiasi keberhasilan Kepolisian meringkus komplotan pembobol ATM yang meresahkan masyarakat. Ia menyebut kejadian tersebut baru pertama kali dan langsung ketangkap.

"Kami apresiasi luar biasa kepada Polres Klaten. BRI mempunyai bilik ATM sebanyak 35 yang tersebar diwilayah Klaten dan sampai saat ini BRI selalu menjalin kerja sama yang baik dengan pihak Kepolisian dari Polsek hingga Polres Klaten," ungkap Sumarno.

Lebih baru Lebih lama