Bangun Perekonomian di tengah Pandemi, TP-PKK Desa Nglinggi Belajar Budidaya Tanaman Hias Di Kota Batu Malang

 


TP-PKK Desa Nglinggi saat belajar budidaya tanaman hias di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Malang, Jatim.
(dok.Sugeng Mulyadi)


Kasihinfo.com Kota Batu Malang – Pandemi tidak lantas hanya diam dan tidak produktif, tetapi tetap berusaha bagaimana membangun perekonomian di tengah masa pandemi yang sudah berlangsung cukup lama. Seperti yang dilakukan TP-PKK Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten melakukan pelatihan budidaya tanaman hias di desa Damai Sidomulyo Kota Batu, Malang Jawa Timur.

Pelatihan budidaya tanaman hias diikuti oleh anggota PKK dan kelompok, selama dua hari, yaitu tanggal 19-20 juni 2021 di Balai Latihan Benih Ikan Provinsi Jawa Timur yang terletak di Desa Sidomulyo

Pelatihan dipandu oleh Gapoktan Dewi Murraya Desa Sidomulyo dg materi pelatihan budidaya tanaman hias dg cara okulasi,  cangkok,  penyemaian,  pemupukan dan pengobatan serta budidaya anggrek dilanjutkan studi lapang di kebun bunga dan mall bunga.

Kepala desa Sidomulyo Drs.  Suharto,  MM,  berharap, dengan pelatihan tersebut tidak hanya transpoformasi ilmu budidaya namun juga terjadi kerjasama bisnis jual beli bunga dengan PKK dan Kelompok  Budidaya tanaman hias desa Nglinggi dan desa Sidomulyo, sekaligus komunitas bunga di daerah Kabupaten Klaten menjadi berkembang.

"semoga dengan kegiatan pelatihan ini nantinya bisa terjalin kerjasama bisnis jual beli bunga antara PKK dan kelompok budidaya tanaman hias di desa Nglinggi dan desa Sidomulyo" kata paka kades.



Sementara itu,  Ketua TP-PKK desa Nglinggi yg diwakili oleh Kades Nglinggi, Sugeng Mulyadi mengucapkan terimakasih atas fasilitasi Gapoktan Dewi Murraya dan Pemdes Sidomulyo yg mendukung program PKk Desa Nglunggi dlm membangun perekonomian,  peningkatan ketrampilan budidaya tanaman hias dan sekaligus mengembagkan bisnis tanaman hias yg sdh dimulai di nglinggi serta terbangunnya kerjasama antar dua desa damai pendampingan Wahid Foundation.

“saya mewakili ketua TP PKK desa Nglinggi mengucapkan terima kasih kepada Gapoktan dan Pemdes  Sidomulyo atas fasilitasi dan pelatihan yang diberikan. Semoga selain berkembangnya bisnis tanaman di desa nglinggi, juga terbangunnya kerjasama antar dua desa damai pendampingan Wahid Foundation.” Kata Sugeng Mulyadi. (S-M)

Lebih baru Lebih lama