Tes swab acak, seorang warga positif covid 19

petugas lakukan tes swab acak kepada penjaga toko kelontong di Cawas. Sabtu, (3/7/2021)

Kasihinfo.com Cawas - Satu orang diketahui terkonfirmasi positif covid 19 setelah petugas gabungan dari Gugus tugas kecamatan Cawas melakukan tes swab antigen secara acak kepada warga. Sabtu, (3/7/2021) malam. Dalam patroli yustisi gabungan tersebut menyasar tempat yang kerap menimbulkan kerumunan, seperti kafe, angkringan dan toko kelontong. Hasilnya seorang pelayan toko kelontong terkonfirmasi positif covid 19. 

Camat Cawas, Prihadi mengatakan pelaksanaan operasi yustisi yang digelar malam hari dengan sasaran tempat-tempat keramaian dan cafe juga menghimbau kepada pengunjung cafe serta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19, di Kota Cawas. 

"Kami sudah menyiapkan petugas kesehatan dari Puskesmas dengan menggunakan seragam APD (Alat Pelindung Diri) dan seperangkat alat untuk pengambilan sampel lendir dari hidung mereka yang terjaring operasi,"katanya.

Tim Gugus Tugas juga mensosialisasikan prokes, dan melakukan penindakan rapid test antigen bagi masyarakat yang ngeyel nongkrong di warung/café dan tempat hiburan secara acak. Tim juga mengingatkan PKL agar mematuhi protokol kesehatan dan menutup tempat usaha pukul 21.00 Wib.

Dijelaskan, screening menggunakan rapid test antigen dilakukan untuk mengetahui apakah diantara kerumunan ada yang terindikasi terjangkit COVID-19. 

"Dalam operasi yustisi tersebut dilakukan  pengambilan Swab Antigen  secara acak oleh petugas kesehatan sebanyak 1 orang dengan hasil positif yaitu bernama Hartanto seorang pelayan toko kelontong di wilayah Cawas,ujarnya.

Bagi warga yang hasilnya positif setelah dilakuakan swab antigen akan diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri dan tidak diperbolehkan untuk melakukan aktifitas diluar rumah sampai dilakuakan swab antigen berikutnya yang hasilnya negatif.(jat)
Lebih baru Lebih lama