Bangkitkan Minat Bertani, 30 Pemuda Klaten Melumpur di Acara Tandur Bareng

 


Kasihinfo.com Klaten - Ide sekelompok pemuda asal Karanganom, Klaten boleh diajungi jempol. Guna membangkitkan semangat kalangan muda pada sektor pertanian, sebanyak 30 pemuda turun ke sawah ramai-ramai di acara Atraksi Tandur Bareng bertempat di dua lokasi pesawahan Desa Padas, Karanganom dan Desa Jimus, Polanharjo, Klaten hari Minggu kemarin (15/08).

Sebagaimana rilis yang diterima Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten menurut  Ketua Komunitas Petani Muda Klaten, Afip Amrizal Basri selaku ketua pelaksana kegiatan mengaku kegiatan Atraksi Tandur Bareng ini untuk menggugah semangat kalangan anak muda untuk menjadi wira usaha di sektor pertanian.

“Kegiatan Tandur Bareng ini sesuai arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo agar para pemuda berminat usaha di sektor pertanian. Hal ini disebabkan  di masa depan bidang pertanian akan menjadi peluang bisnis yang besar. Kedepan Komunitas Petani Muda Klaten akan sering mengadakan kegiatan berupa atraksi, diskusi maupun acara lain seputar pertanian secara luas” ungkapnya.

Terkait jenis padi yang ditanam, pria yang akrab disapa Mas Rizal itu menjelaskan kalau di acara Tandur Bareng ini menanam padi mentik wangi merah dengan sistim jajar legawa.

“Setelah daftar ulang, peserta dibreifing dulu 30 menit. Baru sekitar 08.30 para peserta mulai tanam padi jenis mentik wangi merah dengan sistim jajar legawa. Karena masih masa PPKM, seluruh peserta tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker dan cuci tangan walaupun harus terkena lumpur” tambahnya.

Salah satu peserta Atraksi Tandur Bareng, Yusuf Mardani (42) asal desa setempat mengaku bersemangat mengikuti acara.  Ia mengungkapkan kegiatan tersebut digunakan untuk mengisi kegiatan tetap aktif dan produktif di masa pandemi.

“Kegiatan ini positif. Saya ikut bantu menyebarluaskan informasi ini agar diketahui dan para pemuda Klaten tidak malu turun ke sawah.  Saya tadi ikut membuat garis petak-petak untuk menanam padi.  Acaranya sangat menarik” tuturnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

Lebih baru Lebih lama