Tirakatan HUT RI, Warga Srago Gede gelar doa bersama

 

Doa bersama dalam rangka tirakatan HUT RI ke 76, warga Srago Gede,Mojayan, Klaten Tengah.

Kasihinfo.com Klaten – Berbagai cara dilakukan oleh warga masyarakat dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 76. Senin malam, 16 agustus 2021, warga kampung Srago Gede, Kelurahan Mojayan, Klaten Tengah menyelenggarakan malam tirakatan secara sederhana.

Bertempat di jalan tengah kampung, menggunakan alas tikar, puluhan warga, baik bapak-bapak, Ibu dan anak melaksanakan doa bersama. Doa bersama dilakukan dengan cara membaca surat yasin dan tahlil.

Ketua rt 01 rw 08, Sugeng Setyawan mengatakan, mengingat masih dalam pandemi covid 19, maka pelaksanaan tirakatan diisi dengan doa bersama secara sederhana dan sesuai protokol kesehatan.

“Doa bersama dengan membaca surat yasin dan tahlil guna mendoakan para pahlawan dan para leluhur yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan yang bisa kita rasakan hingga sampai saat ini” kata sugeng.

Menurut Sugeng justru saat pandemi inilah, pelaksanaan tirakatan menjadi bermakna, pasalnya sudah sekitar dua kali tirakatan di kampung setempat dilaksanakan secara sederhana dan dilakukan hanya dengan doa bersama warga setempat.

“ Menurut saya justru pelaksanaan tirakatan saat pandemi ini malah tepat dan bermakna, karena sebelum pandemi, saat tirakatan hanya diisi dengan hura hura, dan pentas seni. Namun saat pandemi, semua berubah dan malam tirakatan berupa doa bersama” imbuhnya.

Selain doa bersama, pelaksanaan tirakatan secara sederhana tersebut sebagai ajang silaturahmi antar warga dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Pelaksanaan tirakatan sendiri berlangsung cepat, usai doa bersama langsung membubarkan diri pulang kerumah masing-masing.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama