Wartawan RSPD Klaten Paidi Terima Piagam Penghargaan Gus Nabil



Kasihinfo.com Klaten - Wartawan Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten, Paidi bersama sejumlah tokoh komponen masyarakat lainnya menerima penghargaan dari Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng) V, Muhammad Nabiel Haroen, SPd, MHum alias Gus Nabil yang diadakan di Gedung Pertemuan Eka Kapti Klaten, Kamis, 21 Oktober 2021.  


Ketua Panitia dari Omah Sambung Klaten, M Nuryadin Edy Purnomo, SSos I dalam laporannya mengatakan, kegiatan penyerahan piagam penghargaan dari Gus Nabil diberikan kepada sejumlah kalangan yang ikut andil dalam penanganan pengendalian covid-19, melalui bidangnya masing-masing. Kegiatan juga diisi sosialisasi   dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang produk obat dan makanan yang sehat dan aman dikonsumsi. 


Dikatakan,  penyerahan piagam penghargaan diberikan dua tahap, untuk tahap pertama piagam penghargaan diberikan secara simbolis kepada Puskesmas Jogonalan dan Puskesmas Karangdowo, dr  Erlina Puspitasari dari PMI Klaten, dr Hendra Aditama dari PKU Muhammadiyah Prambanan, Kades Jabung, Kecamatan Gantiwarno,  Pramono Hadi,  Kades Plosowangi,  Kecamatan Cawas, Surip dan Korcam OS, Rosyid Wasingun. 


Untuk tahap II, kata M Nuryadin Edy Purnomo, piagam penghargaan dari Gus Nabil diberikan secara simbolis kepada 13 orang masing-masing Ketua PCNU Klaten KH Mujiburahman, SIP, Majelis Wakil Cabang (MC) NU diwakili H Zaini dari MCNU Kecamatan Ceper. Kemudian diberikan kepada Pendeta Wahyu Nirmala dari FKUB Klaten, Romo Endra Wijayanto perwakilan dari Gereja, H Ardani dari Pagar Nusa, Benny Effendy dari Kokam, Joko Pamungkas dari Banser NU.


Lebih lanjut dikatakan, piagam penghargaan juga diberikan kepada Eko Suwasto AS dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK), Erick Wahyudi selaku Ketua GP Ansor Delanggu, Budi Setiawan dari Komunitas Juang DPC PDIP Klaten. Selanjutnya piagam penghargaan dari Gus Nabil juga diberikan kepada Himpunan Alumni Santri Lirboyo (Himasal) yang diwakili  Gus Hafids, jurnalis yang diwakili wartawan Radio RSPD Klaten, Paidi dan CV Mandiri yang diwakili Suharno.  


Kepada wartawan, Gus Nabil mengatakan, piagam penghargaan diberikan kepada beberapa komponen masyarakat yang telah ikut serta dalam upaya penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Klaten melalui peran dan kiprahnya masing-masing Diantaranya yang mendapatkan piagam penghargaan antara lain para tenaga medis, relawan hingga jurnalis.


Gus Nabil menjelaskan, saat ini wilayah Kabupaten Klaten berada pada PPKM Level 2 dan tingkat warga masyarakat yang divaksin sudah mencapai 77% dari seluruh warga Klaten. Keberhasilan tersebut adalah berkat kerja keras pemerintah, para tenaga medis, TNI/Polri, relawan dan juga jurnalis.


Dijelaskan, sisa kurang lebih 23% warga yang belum divaksin, itu menjadi PR  semua pihak agar semua dapat segera divaksin dan  masyarakat segera mencapai herd immunity di wilayah Klaten. Untuk itu diperlukan gerakan vaksinasi door to door pada waktu malam hari, sehingga para pekerja yang pada siang hari bekerja  dapat divaksin pada malam hari.  


Sementara itu penerima piagam penghargaan dari unsur Jurnalis, Paidi mengucapkan terimakasih kepada Gus Nabil. Sejak awal pandemi covid-19 pada Maret 2020 lalu sampai PPKM Level 2 pada Oktober 2021, insan pers di Klaten selalu mengawal penanganan pengendalian covid-19 baik yang dilakukan pemerintah, TNI/Polri, relawan, gugus tugas covid-19 dari tingkat kabupaten sampai tingkat RT / RW dengan berbagai pemberitaan melalui medianya masing-masing baik media cetak, media elektronik dan media online. 


Paidi yang juga menjadi admin medsos wartawan Klaten mengatakan, peran pers sangat besar dalam membantu penanganan covid-19 melalui produk jurnalistik. Bahkan para wartawan Klaten selama ini selalu hadir meliput dalam penanganan covid-19 seperti meliput penyemprotan disinfektan, penjemputan pasien positif covid-19 untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat, meliput PPKM darurat, PPKM Level 3, PPKM level 2 hingga meliput serbuan vaksinasi yang dilakukan TNI / Polri dan organisasi kemasyarakatannya lainnya.  (Bagian Prokopim Setda Klaten)

Lebih baru Lebih lama