PEMKAB KLATEN LUNCURKAN ABSENSI ELEKTRONIK ASN SAENAGA

 



Kasihinfo.com Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten resmi meluncurkan “SAENAGA”, Sistem Informasi Presensi Elektronik Abdi Satya Negara. Aplikasi berbasis android tersebut digunakan untuk absensi secara elektronik bagi para ASN di Kabupaten Klaten. 


Peluncuran SAENAGA ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, usai rakor rutin Hari Senin di Pendopo Pemkab Klaten Senin (22/11/2021). 


Hadir dalam peluncuran, Bupati dan Wakil Bupati Klaten, Sekda, para Asisten, Kepala OPD, dan Camat, serta tamu undangan lain.


Menurut Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten Surti Hatini, tujuan peluncuran Aplikasi SAENAGA ini adalah untuk lebih meningkatkan profesional, integritas, dan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam pencapaian kinerja melaksanakan tugas membantu Kepala Daerah menjalankan roda pemerintahan. 


“Kita sebagai ASN mempunyai tiga fungsi, yang pertama pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan (sebagai) perekat pemersatu bangsa,” jelasnya. 


Dijelaskan Surti, SAENAGA ini merupakan aplikasi absensi elektronik yang diadopsi dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Tengah, dan dikembangkan di Klaten bersama BKPPD dan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten. 


Aplikasi SAENAGA sudah diuji coba terbatas selama tiga bulan di BKPPD, BPKD, Inspektorat, DPMPTSP, Disperwaskim, Dinas Kesehatan, serta di 200 sekolah dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.  


“Untuk sosialisasi sudah di mulai sejak bulan Oktober lalu. Dan hari ini (Senin 22/11/2021), sudah mulai dilaksanakan tadi pagi, temen-temen ASN di Kabupaten Klaten, sudah menggunakan presensi dengan SAENAGA ini,” ujar Surti. 


Guna optimalisasi sistem informasi kepegawaian, SAENAGA juga terintegrasi dengan ‘SRI MENGANTI” (Sistem Informasi Pemberian Cuti), ‘SEPAKAT’ (Sistem Informasi Pelaporan Kegiatan Abdi Satya Negara), dan ‘SAESTU’ (Sistem presensi elektronik terintegrasi dengan SEPAKAT untuk pembayaran TPP).


Sementara itu Bupati Klaten Sri Mulyani, dalam pesannya dihadapan Kepala OPD dan Camat yang hadir menyampaikan, untuk bisa memberikan pembinaan dan bimbingan kepada ASN terkait aplikasi SAENAGA ini, agar bisa diterapkan dan diikuti dengan peningkatan disiplin, prestasi kerja, pengabdian dan komitmen tinggi, terhadap jalannya program Pemerintah Republik Indonesia pada umumnya, dan program Pemkab Klaten khususnya, sesuai tupoksi masing-masing.


“Saya berharap, adanya Aplikasi SAENAGA ini, memudahkan ASN Pemkab Klaten dalam melakukan absen, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini, guna menjaga social distancing, sesuai dengan prokes, dalam upaya pencegahan pandemi COVID-19, sehingga pelayanan publik tetap berjalan. Serta memudahkan bagian kepegawaian dalam mencatat kehadiran ASN di lingkup Pemkab Klaten,” pungkasnya. (rh)

Lebih baru Lebih lama