Sebagai sekolah penggerak, SMP N 2 Trucuk adakan gelar budaya dan pameran karya siswa



Kasihinfo.com Trucuk - SMP Negeri 2 Trucuk Kabupaten Klaten , menggelar pameran karya siswa dan gelar budaya Sabtu 20/ 11/2021 di aula sekolah setempat. Hal tersebut dilaksanakan karena SMP Negeri 2 Trucuk merupakan sekolah penggerak .


SMP negeri 2 Trucuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghantar terciptanya Pelajar Pancasila. 


Sekolah penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia yamg berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya profil Pelajar Pancasila. Sebagai profil Pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.


Kepala sekolah SMP negeri 2 Trucuk Subari mengatakan program sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi mencakup literasi dan numerasi, serta karakter, diawali dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul bagi kepala sekolah dan guru.


"Program sekolah penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program sekolah penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga sekolah di Indonesia menjadi program sekolah penggerak" katanya.


Bagi sekolah penggerak pada awalnya dilakukan pelatihan  diikuti kepala sekolah, dan beberapa guru yang masuk tim pembelajaran.   Tim pembelajaran ini yang melakukan in house treaning.(IHT) bagi guru-guru sekolah penggerak tersebut.  Di sinilah adanya merdeka belajar, merdeka mengajar.


Pendidikan menjadi landasan pendidikan peradaban bangsa. Seperti dari filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah perubahan. Kebudayaan itu dinamis tidak statis. Pertukaran kebudayaan memperkuat identitas masing-masing kebudayaan. Nilai-nilai kemanusiaan adalah sumbu esensiel kebudayaan.Seperti pada gelar budaya dan karya siswa SMP negeri 2 trucuk menampilkan wayang kulit , drama , hingga seni tari tradisional, disamping memamerkan sejumlah karya siswa.


Ditegaskan bersama para guru  berkomitmen berjuang penuh semangat karena SMP Negeri 2  Trucuk menjadi sekolah penggerak. Upaya melakukan penguatan meningkatkan mutu pendidikan terus diperjuangkan. ( PW)

Lebih baru Lebih lama