Gandeng Adin Putra Group, Desa Jabung luncurkan Evolusi Menuju Desa Mandiri

 

Managing Direktur Adin Putra Group, Alexander Adin Enrico, dalam acara peluncuran evolusi menuju desa mandiri, Senin, (11/1/2022)


Kasihinfo.com Klaten – Desa Jabung kecamatan Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah terus berproses untuk mewujudkan desa Jabung sebagai desa Mandiri. seperti yang dilakukan pada hari senin pagi, 11 januari 2022, desa Jabung meluncurkan Evolusi Menuju Desa  Mandiri, bertempat di SMK N 1 Gantiwarna Klaten.

 

kepala desa Jabung, Pramono Hadi mengatakan, Untuk menuju desa Mandiri, desa Jabung mendeklarasikan sebagai desa Damai, bekerjasama dengan Wahid Foundation untuk mewujudkan kedamaian di desa jabung dengan mencegah terjadinya konflik di masyarakat dengan mengembangkan sikap toleransi untuk meminimalisir paham ekstremisme & radikalisme dengan melakukan kegiatan pemberdayaan perempuan.

 

Kemudian desa Jabung juga melaunching Jabung Desa Digital dengan bekerjasama dengan Universitas Budi Luhur Jakarta dalam program Kampus Merdeka untuk mewujudkan digitalisasi Desa Jabung dengan melibatkan tehnologi baik dalam kegiatan pemerintahan juga dalam pengembangan ekonomi masyarakat.



Selanjutnya Desa Jabung juga melakukan peresmian rumah kompos bantuan dari Pertamina Foundation dimana rumah kompos ini terintegrasi dengan budidaya pertanian yang dilakukan oleh BUMDES Jabung Makmur. Bahan bakunya adalah sampah rumah tangga yang di ambil oleh bumdes dari rumah- rumah warga yang kemudian di pilah dan diolah dirumah kompos. Dimana hasil pengolahannya digunakan untuk mencukupi kebutuhan pupuk Bumdes.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Panen Perdana Budidaya Hortikultura BUMDES Jabung Makmur dilahan seluas 4 hektar di mana,  1.5 H digunakan untuk menanam rumput Pakchong berkerjasama dengan ADIN PUTRA GROUP , 1.2 Hektar untuk budidaya hortikultura ( Cabe 12.000 batang, Terong 1000 batang, pepaya 800 batang), 2000 M untuk demplot pertanian.

 

“Mulai September 2022 nanti, BUMDes Jabung Makmur diminta Pemdes Jabung untuk mengelola lahan tebu seluas 40 hektar,” kata kades Jabung.


 

Dalam proses menuju desa Jabung yang mandiri, terdapat peran Adin Putra Group melalui project wasteless, proyek besutan dari Managing Direktur Adin Putra Group, Alexander Adin Enrico. Enrico mengatakan jika awalnya kerja sama dengan pihak Pemerintah Desa Jabung untuk merubah pola pikir dan menerapkan tata kelola sampah yang baru, dimulai dari warga desa Jabung sendiri.

 

“Program ini diawali dengan pelatihan warga desa untuk memilah sampah dari rumah, hingga pengolahan sampah organik menjadi pupuk siap pakai, yang digunakan oleh petani-petani desa Jabung dengan harga murah” katanya.

 

Selain tata kelola sampah, Enrico bersama trim di Project Wasteless terus mendorong progress dengan berpartisipasi dalam program PFMuda yang dibuat oleh Pertamina Foundation dan terpilih menjadi salah satu dari 22 program unggulan gagasan pemuda-pemuda Indonesia, yang telah diseleski dari 5000 gagasan dari seluruh penjuru Indonesia.

 

“ dengan terpilihnya Project Wasteless sebagai program unggulan dalam kontes PFMuda 2021, bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jabung, dibangunlah Rumah Kompos dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan pupuk Bumdes setempat” tambah Managing Direktur Adin Putra Group.

 

Dalam sambutan Bupati Klaten Sri Mulyani yang dibacakan oleh PLH Sekda Klaten Jajang prihono menyambut baik atas peluncuran Evolusi Menuju Desa Mandiri. Bupati berpesan untuk terus bergandengan tangan dengan berbagai pihak, guna mewujudkan tujuan yaitu kesejahteraan warga masyarakat.

 

“pesan Bupati, jangan hanya sibolis saja, diharapkan pemerintah desa bergandengan tangan dengan berbagai pihak, untuk mewujudkan tujuan bersama demi kesejahteraan warga masyarakat. diharapakan Desa Jabung bisa menjadi contoh untuk desa lainnya. Jangan takut untuk bermimpi. Tetapi mimpi itu harus diwujudkan, dan jangan hanya bermimpi pesan bupati yang dibacakan Jajang.

 

Sementara Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Plt Kepala Dispermades, Kependudukan dan Pencatatan sipil Provinsi Jawa Tengah, Didik Haryadi menyatakan, diperlukan gotong Royong antara warga masyarakat dengan pemerintah desa setempat, guna menyelasian permasalahan dan memberikan solusi dengan waktu yang singkat.



Kegiatan atau acara yang bertajuk Evolusi Menuju Desa Mandiri dihadiri oleh Plt. Kepala Dispermasdes Propinsi Jawa Tengah, Didik Karyadi mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang ada kegiatan di Kebumen, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Jajang Prihono yang mewakili Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten, ibu Endang Yoga Hardaya, Kepala Dispermasdes Kabupaten Klaten, Joko Purwanto, Rektor Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta, Rektor Universitas Budi Luhur Jakarta, Direktur Pertamima Foundation, Managing Direktur Adin Putra Group, Perwakilan dari Wahid Foundation, Camat Gantiwarno dan tamu undangan lainnya.


Peluncuran Evolusi Menuju Desa Mandiri ditutup dan ditandai dengan pelepasan burung perkutut ke alam bebas, serta panen perdana tanaman holtikultura yang dikelola Bumdes Jabung. (h-d)

 

Lebih baru Lebih lama