Lantik 182 pejabat, Bupati ingatkan tidak bekerja asal asalan

 


Kasihinfo.com Klaten - Bupati Klaten HJ Sri Mulyani, SM, mengingatkan agar setiap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyusun dan memiliki program – program unggulan yang efektif dan nyata untuk bisa dinikmati masyarakat.Tidak boleh OPD bekerja asal-asalan, seolah-olah tidak ada ruh dengan target yang jelas yang ujung-ujungnya sekedar menghambur-hamburkan uang negara.


Penegasan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP), Administrator, dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten yang diadakan di Pendopo Pemkab Klaten, Jumat, 7 Januari 2022. Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah sebanyak 182 pejabat terdiri pejabat PTP 20 orang, administrator 87 orang dan pengawas sebanyak 75 orang.  


Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyatakan,  jajaran pejabat diangkat di atas sumpah untuk mengemban amanah mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan rakyat Klaten. Maka kepada setiap pejabat daerah untuk memaknai bahwa, jabatan itu adalah nyata-nyata sebuah amanah yang harus dijalankan sebagai ibadah dan mengabdi untuk negeri.


Hj Sri Mulyani tidak ingin melihat para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Klaten malas bekerja. Tidak memahami tupoksi, tidak memiliki kompetensi dan tidak memiliki integritas yang tinggi apalagi merendahkan martabat sebagai abdi negara. Pesan-pesan ini selayaknya dipahami secara benar, sehingga birokrasi Klaten dilaksanakan oleh ASN yang memiliki karakter-karakter yang kuat. 


Menurut HJ Sri Mulyani, figur-figur pejabat yang memiliki visi yang kuat, akan benar-benar mampu menggerakkan bawahan menuju perubahan dan visi pembangunan. Untuk itu Bupati Klaten berharap kepada pejabat yang diangkat dan dilantik saat ini, harus mampu menjawab tanggung-jawab dan kepercayaan negara ini dengan kerja dan karya nyata.  


Pada kesempatan tersebut, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga mengatakan, selaku Kepala Daerah harus mengambil langkah-langkah tepat dan strategis agar roda pemerintahan di Kabupaten Klaten tetap berjalan. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas berdasarkan SOTK baru harus dilaksanakan, dengan tetap melalui proses sesuai kaidah hukum yang ada.


Hj Sri Mulyani juga mengungkapkan, Klaten maju, mandiri dan sejahtera adalah mimpi besar  bersama. Setiap pejabat di semua tingkat eselon dan seluruh ASN di Klaten harus mampu menerjemahkan visi besar ini, melalui program-program kegiatan yang efektif dan efisien.  Maka dari itu, Bupati Klaten meminta agar OPD merancang   program kegiatan yang tepat sasaran bagi kesejahteraan, guna menjawab persoalan dan menjadi kebutuhkan rakyat. 


Bupati Klaten tidak ingin ASN hanya bekerja sekedar rutinitas, miskin inovasi tanpa kreatifitas yang menyokong peningkatan kualitas layanan publik. Untuk itu para pejabat yang dilantik agar menjadikan rakyat sebagai raja dan buatlah mereka tersenyum bahagia. Layanan publik yang baik saja tidak cukup, tapi wujudkan layanan yang berkualitas. Inilah sasaran reformasi birokrasi, selain mewujudkan tata pemerintahan yang transparan dan akuntabel. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan)

Lebih baru Lebih lama