Usai dilantik Bupati, PPDI Klaten keluhkan kesejahteraan perangkat desa saat pensiun

 


 

Kasihinfo.com Klaten – Sabtu siang, (29/10/2022) Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani melantik dan mengukuhkan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Klaten masa bhakti tahun 2020 – 2025 dan Pengurus Yayasan Nayaka Praja Manunggal masa bhakti tahun 2022 – 2027 Kabupaten Klaten, di pendopo Pemkab Klaten.

 

Ketua PPDI Kabupaten Klaten, Bambang Heru mengatakan jika selama ini yang masih menjadi permasalahan klasik yaitu kesejahteraan para perangkat desa, terlebih disaat pensiun. Selama ini ketika ada perangkat dan tergabung dalam PPDI yang pensiun, maka akan diberikan tali asih dari iuran para anggota tiap bulannya.

 

“hingga kini kami masih mengeluhkan akan kesejahteraan perangkat desa, terlebih saat pensiun, dikarenakan tidak ada uang pensiun. Selama ini, ketika ada perangkat yang tergabung dalam PPDI, dan pensiun, maka akan diberikan tali asih, yang berasal dari iuran anggota yang dikelola melalui Yayasan Nayaka Praja Manunggal Kabupaten Klaten, yaitu sebuah yayasan yang menaungi pensiunan perangkat desa. Dan mulai bulan januari ini yayasan sudah aktif memberikan dana tali asih” katanya.

 

Bambang menambahkan, jika selama ini para perangkat desa yang memasuki pensiun belum mendapatkan perhatian khusus dari pemkab setempat dan hanya mendapatkan tali asih dari teman teman perangkat desa. Para pengurus PPDI dan seluruh perangkat desa mengharapkan nantinya ada perhatian dan kepedulian kepada mereka ketika memasuki masa pensiun.

 

Menanggapi keluh kesah para perangkat desa, Bupati Klaten dalam sambutanya akan terus berusaha dan mengupayakan akan kesejahteraan para perangkat desa, dengan melihat keuangan yang ada. Dalam tahun ini akan mengusahakan seragam para perangkat desa, sesuai permintaan para perangkat desa.

 

“Ya kalau tidak anggaran tahap ini ya nanti bisa di anggaran perubahan, setidaknya tahun ini bisa direalisasikan. Kebetulan ini kan komplit yang datang, saya tinggal mengusulkan dan nantinya pak ketua DPRD yang memutuskan” kata Bupati.

 

Bupati mengingatkan agar para perangkat desa kompak dengan para kepala desa, dikarenakan satu tim harus solid demi kesejahteraan warga masyarakat sekitar.

 

“jangan lupa harus kompak dengan kepala desanya. Harus solid dan kerjasama guna  meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat desanya” terang Bupati.

 

Acara pelantikan dan pengukuhan pengurus PPDI dan pengurus Yayasan Nayaka Praja Manunggal Kabupaten, selain dihadiri oleh Bupati Hj.Sri Mulyani dan Wakil Bupati, Yoga Hardaya, juga tampak hadir ketua PPDI Pusat, Muh. Tahrir, Sekretaris PPDI Provinsi Jawa Tengah, Fathan Tahmid, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang W Ismoyo, Pj. Sekda Kabupaten Klaten, Jajang Prihono, Kepala Dispermasdes yang juga Plt. Assisten 1 Sekda Kabupaten Klaten, Joko Purwanto, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dr Cahyono Widodo serta perwakilan dari Kodim 0723/Klaten dan Polres Klaten.(h-d)

 

Lebih baru Lebih lama