Demi dapatkan minyak goreng 1 jerigen, pembeli harus beli barang lainnya sebesar 500 ribu

 

 warga mengantri beli minyak curah di distributor minyak Mojayan, Klaten Tengah. Kamis,(24/3/2022)


Kasihinfo.com Klaten - Sempat kosong selama 4 hari, terpantau kamis pagi, (24/3/2022) para pembeli rela antri di agen dan distributor minyak curah di toko sumber hidup, Mojayan, Klaten Tengah, Klaten. Uniknya, selain pelanggan, diberlakukan harus membeli barang lainnya senilai 500 ribu, untuk mendapatkan minyak goreng satu jerigen / atau 17 kg.

 

Antrian para pembeli minyak sendiri terlihat sudah sejak pukul 7 pagi. mereka rela antri demi mendapatkan 1 jerigen minyak goreng curah, yang berisi 17 kg bagi pembeli baru  dan dua jerigen bagi pembeli yang sudah menjadi pelanggan toko setempat.

 

menurut pengakuan para pembeli, untuk mendapatkan satu jerigen minyak goreng curah, ia harus membeli barang komoditas yang lainnya sebesar 500 ribu. yatinem, sebagai pembeli yang bukan pelanggan, sudah yang ketiga kali mengalaminya.

 

“iya mas, ini saya sudah yang ke tiga kalinya. untuk mendapatkan 1 jerigen minyak goreng curah, saya harus membeli barang lainnya sebesar 500 ribu rupiah” katanya.

 

Rudi santoso, pemilik toko sumber hidup mengaku sengaja memberlakukan kebijakan beli barang lainnya sebesar 500 ribu bagi pembeli bukan pelanggan,  untuk dapatkan minyak goreng curah guna menghindari joki minyak.  pasalnya dengan adanya joki,  dipastikan harga jual minyak ke masyarakat akan jauh lebih tinggi.

 

“ini memang sengaja kami terapkan syarat membeli barang lainnya sebesar 500 ribu terkhusus bagi pembeli bukan pelanggan. hal ini kami lakukan untuk mencegah adanya joki minyak. dikawatirkan dengan adanya joki, harga jual eceran minyak curah ke masyarakat jauh lebih tinggi. harapanya, para pembeli baru, selanjutnya akan menjadi pelanggan kami” kata Rudi.

 

Sedangkan dari hasil pantauan ke sejumlah agen, dinas koperasi ukm dan perdagangan (DKUKMP) klaten menyatakan jika penjualan minyak di sejumlah agen dan distributor sudah sesuai het yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu 14 ribu per liter / 15.500 per kg nya. terkait stok minyak curah saat ini, diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan hingga 4 hari kedepan.

 

“dari hasil pantauan di sejumlah agen dan distributor minyak curah, stok masih aman. harga jualnya sendiri sudah sesuai het dari pemerintah, yaitu 14 ribu perliter atau 15.500 per kg nya. terkait syarat harus beli 500 ribu dulu, yang terpenting baik pembeli maupun pedagang tidak merasa dirugikan, toh niatnya juga baik, guna menghindari adanya joki minyak” ungkap Dewi Wismaningsih / analis kebijakan seksi pengawasan dan pengendalian DKUKMP Klaten. (h-d)

 

Lebih baru Lebih lama