Naik Bus Damri Ke Girpasang, Ini Tarifnya.

 


Kasihinfo.com Klaten – Mulai hari ini, Selasa, (29/3/2022) masyarakat yang berwisata ke Girpasang, Kemalang, Klaten bisa naik bus wisata DAMRI. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama Perum DAMRI secara resmi meluncurkan bus wisata di halaman Pendapa Kabupaten Klaten.


Peluncuran bus wisata tersebut ditandai pemecahan kendi oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani di depan armada bus wisata DAMRI yang diberangkatkan dari Kantor Bupati Klaten. Pada perjalan perdana tersebut diberangkatkan enam armada. Empat armada van Mercedes-Benz Sprinter dan dua armada mini-van Toyota HiAce.


Bupati Sri Mulyani turut serta mencoba armada khusus wisata yang melayani rute Terminal Tipe A Ir.Soekarno, Klaten—Girpasang tersebut bersama jajaran Pemkab Klaten. Ia mengaku bersyukur dengan adanya kerja sama dengan Perum DAMRI tersebut dan berharap wisata Girpasang semakin mudah untuk dikunjungi wisatawan. Ia mengatakan dulu betapa susahnya dulu akses menuju Kampung Girpasang dengan menaiki 1001 tangga dan setelah itu ada jembatan gantung yang bisa dinikmati oleh masyarakat Girpasang dan menjadi wisata unggulan di Klaten.


“Alhamdulillah jembatan (Girpasang) itu pembawa dampak rezeki, begitu juga kerja sama dengan Perum DAMRI ataupun yang lainnya. Tentunya menambah fasilitas untuk mempermudah masyarakat yang ingin berwisata ke Girpasang atau jembatan gantung Girpasang,” kata Sri Mulyani.


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono mengatakan latar belakang kerja sama tersebut adalah dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Klaten. Ia juga melihat diperlukan adanya transportasi demi memperlancar kemudahan masyarakat untuk menuju ke lokasi wisata. 


“Kami sangat bersyukur terjadi match dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Klaten dengan Perum DAMRI, ini dibuktikan dengan adanya beberapa jalur atau rute yang telah kita buat,” ujarnya.


Ia menjelaskan kegiatan ini bertujuan agar terwujudnya pelayanan transportasi di sektor pariwisata di Kabupaten Klaten, serta meningkatkan kunjungan wisata ke lokasi wisata yang ada di Klaten. Ia berharap agar kerjasama dengan DAMRI ini selalu berlanjut dan berkembang. 

General Manager DAMRI Cabang Yogyakarta, Boy Aryadi mengatakan selama uji coba trayek, pihaknya mematok tarif Rp 30.000 untuk rute Terminal Ir.Soekarno—Bandara YIA dan Terminal Ir.Soekarno—Kampung Girpasang. Sementara untuk rute Terminal Ir.Soekarno-Rowo Jombor Rp 15.000 untuk sekali perjalanan.


“Untuk sementara dilakukan uji coba selama dua pekan, pemberangkatan pagi dari Terminal Ir.Soekarno setiap harinya,” ungkapnya saat ditemui di Kampung Girpasang, Selasa (29/3/2022).
(ttr/kominfo-klt)

Lebih baru Lebih lama