Wisata edukasi dan kuliner Monumen Lindu Gedhe

 



Kasihinfo.com Prambanan – Masih ingatkah dengan monumen Lindu Gedhe ? Yaitu sebuah monumen yang berada di desa Sengon, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, sebagai penanda serta mengingatkan kembali pada 27 Mei 2006 silam, gempa 5,9 Skala Richter memorak-porandakan Yogyakarta, Klaten dan sekitarnya. Meski hanya berdurasi 57 detik, gempa itu memakan korban jiwa lebih dari 6.000 orang.

 

Sebagai pengingat gempa bumi yang terjadi 17 tahun silam, Monumen Lindhu Gedhe tersebut didirikan dan diresmikan secara langsung pada 26 Mei 2007 oleh Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.



Kades sengon Agus Sumaryono mengatakan Monumen Lindhu Gedhe juga sebagai  pengingat Gempa Bumi 2006 yang berisi Prasasti, Tetenger atau tanda agar warga mengingat Gempa Bumi. Selain itu,  agar anak cucu kelak bisa dibekali cara penyelamatan diri dan edukasi tentang gempa bumi, agar tidak terjadi korban.

 

“ Monumen Lindhu Gedhe dilengkapi fasilitas, seperti dokumentasi foto saat gempa yang dipajang di ruangan dan tempat menonton film tentang gempa bumi 2006 di ruang bioskop. Tidak sedikit pengunjung yang datang dari berbagai sekolah hingga masyarakat umum” katanya.

 


Selain mendapatkan edukasi dini tentang kebencanaan juga terintegrasi dengan kuliner serta UMKM. Berbagai produk olahan masyarakat desa sengon seperti telor asin, aneka kripik dan kerajinan tangan dapat memiliki dengan harga terjangkau sebagai cindera mata. (Pur)

 

Lebih baru Lebih lama