14 Grup Pelaku seni, termasuk kesenian Reog, meriahkan Hari Jadi Klaten ke 218



Kasihinfo.com Klaten - Kirab seni budaya reog ikut meriahkan peringatan  Hari jadi ke 218 Kabupaten Klaten dan HUT ke 77 Republik Indonesia yang digelar di simpang Plaza Klaten, Rabu siang (31/8/2022).


Festival dibuka dengan persembahan ucapan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dari Jogja Flying Club, melalui udara dengan tiga pesawat yang bertuliskan “Nyawiji Hanggayuh Mukti”. Kemudian, Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, dan Forkopimda menerbangkan burung merpati sebagai tanda acara dimulai.

Dilanjutkan penampilan 14 kontingen atau paguyuban dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Klaten antara lain Reog Singo Utomo ( Desa Bawak, Kecamatan Cawas),Reog Krido Manunggal (Burikan Cawas , Sanggar Garudo Merapi Tirto Kencono (Kemalang), Paguyuban Wiku Iro Dendho (Bayat), Reog Tribata Wiro, Paguyuban seni Reog Singo Manggala (Desa Temuwangi, Pedan), Tari Krincing Bersinar (Sanggar Janmo Luhur, Reog Singo Mudho, Tari Anoman Duta (Ganesha Prambanan), Reog Rogo Puspo Joyo, Reog Kudho Pamungkas Singo Menggolo, Sanggar Jathilan Kridho Manunggal, Reog Singo Joyo, dan ditutup dengan Barongsai Singo Mataram.


Bupati Klaten, Sri Mulyani pada saat ditemui mengatakan bahwa kegiatan kirab seni budaya tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 218 Kabupaten Klaten dan HUT ke 77 Republik Indonesia. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjaga ajang untuk melestarikan budaya sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Klaten.


“Kirab reog ini kita adakan untuk melestarikan budaya dan memberikan hiburan bagi masyarakat. Selama dua tahun terakhir kan pandemi covid-19, jadi berbagai kegiatan kita batasi termasuk kegiatan hiburan seperti ini. Jadi kita gelar kegiatan kirab reog ini dan antusias masyarakat luar biasa, padat, ramai sekali,” tutur Sri Mulyani.


Sebagai wujud apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Klaten, secara simbolis Bupati Klaten menyerahkan dana pembinaan kepada seluruh pelaku seni yang mengikuti Kirab Seni Budaya tersebut. Sri Mulyani berharap semoga kegiatan tersebut dapat membahagiakan masyarakat Kabupaten Klaten yang selama dua tahun terakhir


“Harapan saya semoga semuanya sehat dan bahagia dengan perayaan Hari Jadi ke 218 Kabupaten Klaten dan HUT ke 77 Republik Indonesia ini. Dua tahun terakhir kan memang ada pembatasan untuk hiburan karena pandemi, jadi sekarang antusias masyarakat luar biasa. Untuk memeriahkan kegiatan ini, Forkopimda dan Kepala OPD Klaten juga mengenakan baju bernuasa merah putih,” pungkas Sri Mulyani. (Ist)

Lebih baru Lebih lama