Hati Hati Lur ! Akun Wa Palsu Mengatasnamakan Wabup Klaten Beredar. Modus Kirim Sumbangan

 


Kasihinfo.com- Akun WhatsApp (WA) palsu mengatasnamakan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya beredar di masyarakat, baru-baru ini. Dengan memanfaatkan nama Wabup Yoga, akun tersebut menghubungi sejumlah lembaga sosial dan keagamaan di Klaten dengan modus memberikan bantuan donasi.


Dalam aksi, akun WA tersebut menginformasikan kepada lembaga seperti panti asuhan hingga pengurus masjid, bahwa Wabup Yoga akan memberikan bantuan donasi sejumlah uang. Korban yang dihubungi diminta untuk mengirim nomor rekening bank untuk ditransfer donasi dengan nominal tertentu. Usai dikirim nomer rekening lembaga, oknum di balik akun WA palsu Wabup Yoga mengirimkan bukti transfer fiktif dengan nominal yang melebihi jumlah uang donasi yang diinformasikan sebelumnya sebagai balasan.


Akun WA dengan nomor 082141036735 itu lantas meminta korban untuk mengembalikan kelebihan transfer ke nomor rekening milik pelaku.


"Nomor yang beredar itu palsu, bukan akun WA saya. Baru saja dari yayasan di Jatinom dan dari SMAN Wedi konfirmasi. Masyarakat saya minta berhati-hati, karena ada yang terpancing katanya sudah ditransfer Rp. 13 juta terus diminta mengembalikan yang  Rp 6 juta padahal tidak ada transfer uang Rp 13 juta," ungkap Wabup Yoga kepada klatenkab.go.id, Selasa (27/9/2022).


Maraknya penyebaran hoax atau akun palsu milik pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya juga tersebar akun palsu milik Bupati Klaten Sri Mulyani. Beredarnya akun palsu ini sudah ditangani dan diklarifikasi Diskominfo Kabupaten Klaten untuk menginformasikan kepada masyarakat melalui media sosial, agar masyarakat tidak mudah percaya dengan adanya pihak yang tidak bertanggungjawab dan mengatasnamakan pejabat publik. (ang/Kominfo-klt)


Lebih baru Lebih lama