Kurangi Resiko Bencana, RSCH Gelar Simulasi Kebakaran

 

Simulasi kebakaran di RSCH Klaten. Rabu, (7/9/2022)


Kasihinfo.com Klaten - Kebakaran melanda di bangsal ibu dan anak rumah sakit cakra husada (rsch) Klaten.  Awal diketahuinya terjadi kebakaran saat terdengar letusan kecil dan terlihat kepulan asap di bangsal ibu dan anak Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.

 

Begitu mengetahui ada kebakaran, petugas membunyikan alarm rumah sakit, kemudian tim medis langsung sigap menyelamatkan para pasien, baik pasien ibu dan anak, serta pasien umum di bangsal dekat lokasi kebakaran.

 

Para pasien dibawa keluar rumah sakit, untuk mencari lokasi yang jauh dan aman dari bahaya kebakaran. Dalam kejadian tersebut ada satu karyawan yang jatuh pingsan, dan dengan cekatan, petugas medis memberikan pertolongan pertama bagi korban.

 

Rentetan peristiwa tersebut merupakan simulasi penanganan bencana kebakaran yang dilakukan oleh rumah sakit cakra husada klaten , bekerja sama dengan tim pemadam kebakaran Klaten Jawa Tengah.

 

Ketua kesehatan dan keselamatan kerja (k3) RSCH Wawan Iriyanto mengatakan, dengan simulasi ini paling tidak seluruh karyawan rumah sakit mengetahui, menjalankan dan menerapkan yaitu kesehatan dan keselamatan kerja.

 

“ ini kegiatan simulasi kebencanaan mas, yaitu kebakaran yang diikuti seluruh karyawan RSCH. Kami berharap, seluruh karyawan, petugas medis dan semuanya yang ada di rumah sakit,  paham terhadap kebencanaan,  serta mitigasi atau pengurangan resiko terhadap kejadian kebencanaan, memberikan rasa aman terhadap seluruh karyawan, berikut pasien dan pengunjung rumah sakit” katanya.

 

Sedangkan salah satu tim damkar Klaten, Sumino mengatakan jika walaupun masih ada beberapa yang harus dilakukan evaluasi, namun pelaksanaan simulasi berjalan dengan baik.

 

“ Sudah berjalan dengan baik mas, walaupun masih ada beberapa yang harus dievaluasi. Kalau simulasi memang sudah dipersiapkan, sangat berbeda dengan kejadian bencana yang sebenarnya, tanpa ada yang mengetahui dan tanpa persiapan” kata Sumino.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peragaan pemadaman api dengan karung goni basah, beserta tatacara penggunaan apar bagi karyawan.

 

“ tadi sempet gugup dan takut, jadi pas praktek padamkan api dengan karung goni basah sempat keliru. Namun saya jadi yg mengetahui kalau ada kebakaran tetap tenang, hati-hati dan lihat arah api agar tidak mengenai badan saat hendak memadamkan api” kata Indah Nurhayati / salah satu karyawan RSCH. (H-D)

 

Lebih baru Lebih lama