Peringati Sumpah Pemuda Dan Hari Pahlawan Nasional, Pemdes Kalikotes Gelar Srawung Budaya




Kasihinfo.com Kalikotes - Pemerintah Desa Kalikotes kecamatan Kalikotes Klaten menggelar srawung budaya bertajuk " Kalikotes menyulam silam" di bumi perkemahan Tirta mulya Sabtu 4/11/2022. Pada kesempatan ini Bupati Klaten Sri Mulyani juga meresmikan desa Kalikotes sebagai desa wisata ditandai dengan penyerahan SK Desa Wisata. Acara ini sekaligus untuk menyemarakkan peringatan hari sumpah pemuda dan hari pahlawan nasional.


Kepala desa Kalikotes Ponidi menuturkan  Srawung Budaya digelar selama dua hari yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Tirta Mulya. Di sela sela menghadiri srawung budaya dan meresmikan desa wisata Kalikotes Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi kegiatan ini dalam upaya pelestarian budaya sekaligus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dengan berbagai potensi yang ada di desa.


Srawung Budaya ini diprakarsai oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Langit.


Sementara itu berbagai kegiatan budaya digelar meliputi  festival jenang, bedah buku tentang sejarah asal-usul Desa Kalikotes, umbul Donga jeng sunan , macapat Laras madya hingga pentas seni reog pada hari kedua.


Sedangkan untuk mendukung adanya desa wisata  Bupati Klaten juga meresmikan rumah hidroponik Tirta Arum dengan pendamping dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Klaten. Launching rumah hidroponik ini diharapkan bisa mensupport dari seluruh stakeholder yang ada di Desa Kalikotes sebagai patriot desa wisata.


Untuk pengembangan wisata yang ada di desa ini akan dilengkapi dengan destinasi baru yaitu Miniatur Ka’bah untuk biro dan pelaksanaan manasik haji di Desa Kalikotes. 


Saat ini pembangunannya sudah mencapai 50 persen. Bangunan itu akan dirangkai terpadu dengan gedung serba guna dan taman kuliner yang menempati satu lahan dilapangan Desa Kalikotes. (pur)

Lebih baru Lebih lama