Amankan Nataru, 1337 Personel Gabungan Diterjunkan Dalam Operasi Lilin Tahun 2022

Wabup Yoga Hardaya bersama Kapolres Klaten Akbp Eko Prasetyo saat cek pasukan gelar pasukan operasi lilin candi 2022 di mapolres Klaten. 



Kasihinfo.com Klaten - Polres Klaten menggelar apel gelar pasukan Ops Lilin Candi tahun 2022 di halaman depan Mapolres, Kamis (22/12/22)


Apel dipimpin oleh 3 unsur Forkompinda Kab. Klaten yakni Wakil  Bupati H. Yoga Hardaya, SH. MH., Dandim 0723 Letkol Czi. Bambang Setyo Triwibowo, SE. M.Han dan Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, SH., SIK., MH. Sedangkan untuk pasukan upacara terdiri dari Personel Polres dan Polsek, pasukan Kodim 0723/Klaten, personel BKO Brimob, Satpol PP, Dishub, PMI, Senkom, Orari, RAPI dan Banser. Tak ketinggalan armada dinas yang akan digunakan dalam operasi juga dihadirkan dalam apel.


Apel Gelar Pasukan ini  dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2022 yang akan berlangsung mulai tanggal 23 Desember 2022 sd 2 Januari 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.


Dalam konferensi pers, Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 1337 personel gabungan dalam Operasi Lilin tahun 2022 ini. Personel ini akan dibagi untuk kegiatan patroli, pengamanan tempat wisata, pengamanan gereja dan mengisi 4 pos operasi. Pos yang didirikan Polres Klaten ini terdiri dari Pos Terpadu yang ditempatkan di Prambanan. Pos Pelayanan di Alun-alun Kab. Klaten dan Pos  Pengamanan ditempatkan di Delanggu dan Jatinom."


"Ada 1337 personel. Karena kita dibantu oleh seluruh elemen baik itu pam swakarsa, pemerintah daerah maupun dari TNI. Untuk personel Polres sendiri ada sekitar 700." Ungkap Kapolres


Menurut Kapolres, tantangan dalam Ops Lilin tahun ini adalah libur nasional bersamaan dengan libur sekolah yang menyebabkan jumlah pemudik diperkirakan akan meningkat. Untuk itu pihaknya juga memberikan perhatian ektra kepada tempat-tempat wisata yang ada di Kab. Klaten.


"Jadi yang menjadi tujuan mudik selain untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, pemudik ini juga pengen berlibur. Tujuannya selain di Jawa Tengah juga ada di Yogyakarta." 


Sedangkan untuk gereja yang akan dilakukan pengamanan sejumlah 183 gereja dengan 18 gereja prioritas dengan jemaatnya yang diatas 1000. Patroli gabungan skala besar juga akan dilakukan bersama dengan BKO Brimob dan juga TNI untuk menjamin situasi Kab. Klaten tetap aman kondusif selama perayaan Natal dan Tahun Baru.


"Semua sudah kita siapkan. Jibom sudah kita siapkan, tim sterilisasi. Jadi nanti sebelum melaksanakan ibadah semua akan kita sterilisasi."


Sementara itu Wakil Bupati Klaten mengungkapkan bahwa terkait perayaan Natal dan Tahun Baru Dinas Perhubungan sudah mengeluarkan Surat Edaran untuk membatasi operasional truk pengangkut galian C.


"Dari Dishub sudah mengeluarkan Surat Edaran kepada semua kegiatan tambang, pemilik armada dan sopir truk untuk menghentikan sementara kegiatan mulai hari ini sampai dengan tanggal 26, kemudian dari tanggal 30 sampai dengan tanggal 2."

Lebih baru Lebih lama