Anies Baswedan Bertemu AHY DI Kantor Demokrat, AHY : Demokrat Akan Tetap Berada Dalam Garis Perubahan Dan Perbaikan

 

Pertemuan Anies Baswedan dan AHY di Kantor Demokrat, di Menteng, Jakpus. Kamis, (2/3/2023) 



Kasihinfo.com Jakarta -  Bakal Calon Presiden yang diusung Koalisi Perubahan, Anis Baswedan mengunjungi Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP Partai Demokrat) kamis, (02/03/2023). Pertemuan ini menjadi sinyal kuat koalisi perubahan antara partai Nasdem, Partai keadilan Sejahtera dan partai Demokrat.


Usai pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menegaskan bahwa partainya akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan.


“Kami menentukan bukan hanya sikap tapi keputusan yang bulat bahwa Demokrat akan tetap berada dalam garis perubahan dan perbaikan. Partai Demokrat meyakini semangat perubahan dan perbaikan pada Pemilu 2024 semakin besar.” kata AHY di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023)


Sementara Anies Baswedan, diskusi itu merupakan kesempatan yang luar biasa, membicarakan proses demokrasi kedepan, membicarakan arah perjalanan bangsa dan negara kedepan.


”Jangan sampai MK mengeluarkan keputusan yang bertentangan dengan amanah rakyat yang tetap menginginkan sistem pemilu dengan proporsional terbuka.” ucap Anies


Seperti diketahui, hingga saat ini ada tiga partai politik yang sudah menyatakan mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju dalam pilpres tahun 2024 mendatang. Ketiga partai politik tersebut yaitu Partai Keadilan Sosial (PKS), Nasdem dan Demokrat yang tergabung dalam koalisi perubahan.


Awalnya Partai Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai Bakal Calon Presiden pada hari senin, 3 oktober 2022. Kemudian disusul PKS pada hari Kamis 23 Februari 2023 di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Kini Demokrat melalui Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah menyatakan dukungannya untuk Anies maju sebagai capres 2024. Penegasan AHY disampaikan usai melakukan pertemuan selama sekitar dua jam dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.


Melihat Ambang batas presiden atau presidential threshold (PT) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 sebesar 20% kursi parlemen atau 25% suara sah nasional, maka gabungan dari ketiga partai tersebut sudah memenuhi syarat.


Dikutip dari lama KPU, Pada Pemilu 2019, PKS memperoleh 11,49 juta suara atau 8,21 persen dari total suara sah nasional. Persentase perolehan suara sah nasional NasDem sedikit lebih unggul dibanding PKS. Partainya Surya Paloh ini berhasil meraup 12,66 juta suara atau 9,05 persen. Pada Pemilu 2019, Demokrat mendapatkan suara sah nasional sebanyak 10,87 juta suara atau 7,77 persen. Sehingga jika ketika parpol tersebut digabung menjadi 25,03% dan sudah diatas ambang persyarakat batas presiden atau presidential threshold (PT) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

 

Lebih baru Lebih lama