Durian Super Lokal Kemalang, Jadi Buruan Di Musim Durian Di Klaten

Durian Super Lokal khas Kemalang Klaten.


Kasihinfo.com Klaten -  Musim durian belumlah usai, pasalnya setiap harinya bisa kita jumpai aktifitas jual beli aneka jenis durian di komplek pengepul buah durian di pasar Kembang, Kemalang, Klaten Jawa Tengah.


Tidak hanya pembeli durian yang hendak dijual kembali, namun juga terlihat banyak para pembeli yang memakan lansung buah durian lokasi penjualan.


Salah satu pengepul buah durian di pasar kembang, Joko Untoro mengatakan, ada berbagai jenis durian yang diperjual belikan, namun saat ini yang banyak dicari yaitu buah durian jenis super lokal.


“ Durian super lokal ini termasuk durian andalan lereng merapi. Apalagi banyak dicari pembeli, dikarenakan tekstur dagingnya yang lembut dan tebal, ditambah manis dan tidak terlalu pahit.”katanya.


Joko menjelaskan, harga durian super lokal tersebut sekira rp 70 ribu per biji, mengingat sudah di penghujung musim durian. Namun ketika saat pertengahan musim durian yang laluharganya lebih rendah, yaitu kisaran 35 ribu per biji.


 


Saat musim durian, setidaknya ada sekitar 15 ribu buah durian yang dipanen setiap harinya dari para petani. Dan setiap harinya joko bisa menjual 3000 biji buah durian berbagai jenis per harinya. Durian dari kemalang ini juga banyak dikirim ke Jakarta. Solo, Bogor, Semarang dan Wonogiri. Selain super local, juga masih ada bawor,  musang king hingga durian kunyit dan lainnya.

 

Dwi, salah satu pembeli yang berasal dari yogyakarta mengaku sering bersama teman-temannya datang ke pasar kemalang ini untuk membeli dan menikmati buah durian khas kemalang yaitu durian super lokal yang rasa mentega. Bahkan ia rela mrogoh kocek lebih banyak, yaitu sekitar 150 ribu untuk menikmati buah durian bersama teman kerjanya.

 

“ Saya memang penyuka durian mas, dan sering ke klaten untuk sekedar membeli dan menikmati buah durian khususnya durian khas kemalang super lokal. Selain daging tebal, ada rasa khas manis ada pahitnya dan itu saya suka mas”. Kata Dwi.(h-d)

 




Lebih baru Lebih lama