Ini Cara AQUA Klaten Syukuri Ramadhan Bersama Penerima Manfaat

 



Klaten-12 April 2023 – PT Tirta Investama – Pabrik Klaten (AQUA Klaten) mengadakan rangkaian buka bersama para penerima manfaat. Kegiatan dilakukan simultan dalam kegiatan 3 hari berturut-turut. Selain membagikan paket sembako kepada Masyarakat sekitar, buka bersama melibatkan Muspika dan perangkat dari 18 desa di hari kedua, dan ditutup dengan buka bersama Jurnalis dan mitra-mitra pemberdayaan Masyarakat.


Hadir 6 NGO pendamping program juga penerima manfaat mulai Masyarakat konservasi di hulu, kelompok difabel dari Inclusive Center, kelompok tani dan juga dampingan UMKM yang ada di daerah tengah dan hilir. Tidak ketinggalan juga Serikat Pekerja, jurnalis dan media turut hadir. Tujuan Kegiatan ini menjadi wadah silaturahmi untuk bersama-sama mensyukuri kolaborasi yang sudah terbangun demi mendukung kemajuan Klaten dari segi sosial kemasyarakatan, lingkungan dan penguatan ekonomi.


Buka Bersama ditutup dengan diskusi singkat penerima manfaat dari hulu sampai hilir yang menyampaikan manfaat dari kolaborasi semua pemangku kepentingan yang ada baik dari AQUA Klaten, pemerintah, akademisi, jurnalis, dan komunitas. 


Joko Susanto petani konservasi dari Gumuk, Mriyan, menceritakan upaya konservasi Anggrek Merapi yang sudah dikembangkan. “Selain konservasi, kami juga diberi pengetahuan mengoptimalkan Instalasi Panen Air Hujan, kami bertahan di kemarau dengan mengandalkan tandon panen air hujan”, kata Joko. Pembuatan sumur di daerah hulu tidak dimungkinkan karena tingkat kedalamannya. 


“Kami juga belajar, walau air yang ada sedikit tapi kalo mencukupi, itu akan menjadi berkah bagi kami”, tambah Joko. Di wilayah Sub DAS Pusur bagian hulu, tepatnya di tenggara Gunung Merapi AQUA Klaten menggandeng Masyarakat menjaga daerah resapan dengan menanam pohon lebih dari 141.000 pohon yang tumbuh dan termonitor secara online dengan geotagging. Menyusul 2.650 rorak, 70 sumur resapan dan 1 embung Tirta Mulya seluas 10.000 m2 di Desa Kemalang. Bersama Masyarakat juga mengembangkan Sistem Panen Air Hujan sebanyak 141 unit untuk memastikan masyarakat di hulu yang menjaga ketersediaan air juga mendapatkan akses air bersih yang memadai.


Yayat Sudrajat, orang tua dari Nindi Herawati Dewi yang disabilitas, dari ICKK (Inclusive Center Kecamatan Karanganom) menyampaikan terima kasih kepada AQUA Klaten, juga relawan yang mendorong berdiri dan beroperasinya ICKK. “Saya sebagai orang tua sangat bersyukur, Anak kami yang dulu sehari-hari hanya menonton TV dan tidak bersosialisasi, kini bisa berprestasi setelah bergabung di ICKK. Selain alat terapi yang memadai, jadwal pertemuannya bisa melatih disabilitas untuk bersosialisasi, sekaligus membangun kepercayaan diri orang tua”, kata Yayat.


“Saya bangga Anak saya bisa meraih Juara  cabang olahraga atletik tolak peluru se Jawatengah, setelah sebelumnya meraih medali perak pada Lempar Lembing Kejuaraan Provinsi Disabilitas”,

Lebih baru Lebih lama