Berbagai Lomba Warnai Peringatan Bulan Lahir Pancasila Di Boyolali

 

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyerahkan trophy kepada pemenang lomba di Alun-Alun Pancasila Kecamatan Cepogo. Kamis (22/06/2023)


Kasihinfo.com Boyolali – Dalam rangka memperingati Bulan Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar lomba.


Terdapat enam kategori lomba yang telah diseleksi secara daring, yang kemudian didapatkan para peserta yang masuk ke grand final dilaksanakan secara luring di Alun Alun Pancasila Kecamatan Cepogo pada Kamis (22/06/2023). Para peserta yang maju di tahap grand final tersebut mengenakan pakaian adat Nusantara yang menambah daya tarik perlombaan. 


"Pendaftar yang masuk 322. Kemudian yang lolos, yang masuk grand final masing masing tingkatan enam finalis. Harapan kita membumikan nilai nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Boyolali, Arif Budi Nuranto di sela kegiatan. 


Keenam kategori lomba tersebut yakni lomba pengucapan Pancasila dan menyanyikan Lagu Nasional tingkat Taman Kanak Kanak (TK), lomba pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapula lomba pidato tingkat SMP, lomba pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), serta lomba pidato tingkat SMA. S


Salah satu peserta, Adzra Falih Nafisa mengaku mempersiapkan diri dengan berlatih selama tiga bulan. 


"Untuk babak penyisihan sekitar tiga bulan tetapi untuk final sekitar tiga sampai dua hari. Harapan saya untuk memenangkan lomba ini dan membawa nama baik SMP Negeri 1 Boyolali," ungkap siswa SMP Negeri 1 Boyolali ini. 


Dalam perlombaan tersebut, diambil Juara I, II, III dan Juara Favorit. Kategori pengucapan Pancasila dan menyanyikan Lagu Nasional tingkat TK Juara I diraih Abigail Felicia Anakanatar dari TK Negeri Pembina Boyolali, Juara II diraih oleh Dinar Adyasasti dari TK Tunas Muda I, Juara III diraih oleh Felisya Nugroho Putri dari TK LKMD Sudimoro dan Juara Favorit diraih oleh Abel Annasya Putri dari TK Pertiwi 2 Tanjung. Kategori lomba pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 tingkat SD Juara I diraih Stifani Putri Anggraini dari SD Negeri 1 Watugede, Juara II diraih oleh Hasna Nabila Rifdah dari SD Negeri 1 Boyolali, Juara III diraih oleh Pramudya Dimas Saputra dari SD Negeri 1 Seboto, dan Juara Favorit diraih oleh Devandani Sonda Pradika Putra dari SD Negeri 1 Ngrakum. 


Kategori lomba Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 tingkat SMP Juara I diraih Adzra Falih Nafisa dari SMP Negeri 1 Boyolali, Juara II diraih oleh Dewi Puspita Ningrum dari SMP Negeri 2 Kemusu, Juara III diraih oleh Besho Bagas Ary Nugroho dari SMP Negeri 1 Banyudono dan Juara Favorit diraih oleh Adzra Falih Nafisa dari SMP Negeri 1 Boyolali. Kategori lomba pidato tingkat SMP Juara I diraih Hanna Setyantika dari SMP Negeri 1 Boyolali, Juara II diraih oleh Alvaro Vinza Pratama dari SMP Negeri 1 Banyudono Juara III diraih oleh Rizkian Aji Nugroho dari SMP Negeri 1 Wonosegoro dan Juara Favorit diraih oleh Hanna Setyantika dari SMP Negeri 1 Boyolali. 


Sedangkan untuk lomba pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD Tahun 1945 tingkat Sma Juara I diraih Talitha Aurellia Wibowo dari SMA Negeri 1 Boyolali, Juara II diraih oleh Hanum Nawang Pratiwi dari SMA Negeri 1 Kemusu, Juara III diraih oleh Mei Ayu Ambarwati dari SMA Negeri 1 Klego dan Juara Favorit diraih oleh Fitria Sekar Wulandari dari SMA Negeri 1 Karanggede. Serta, kategori lomba pidato tingkat SMA. Juara I diraih Sang Ayu Kadek Ninda Putri Kepakisan dari SMA Pradita Dirgantara, Juara II diraih oleh Dzikrullah Wisnu Hadi Saputra dari SMKN 1 Kemusu, Juara III diraih oleh Dinda Fairuz Husnia dari SMA Negeri 1 Teras dan Juara Favorit diraih oleh Laila Nurmalasari dari SMA Negeri 1 Karanggede. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Lebih baru Lebih lama