Jelang Pemindahan Pedagang Ke Pasar Gedhe, Bupati Klaten Gelar Dialog Dengan Para Pedagang

Bupati Sri Mulyani dialog dengan pedagang jelang pemindahan pedagang ke pasar Gedhe Klaten. Senin,(26/06/2023)
 

Kasihinfo.com Klaten - Kegiatan Sosialisasi ke Pedagang Pasar Gedhe Klaten dengan tema “Kumpul Bakul Nyawiji Ngudi Rejeki Sareng Ibu Bupati” diselenggarakan di Pasar Gedhe, Senin siang (26/06/2023).

 

Kegiatan tersebut dihadir oleh Bupati Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala OPD Kabupaten Klaten dan tamu undangan lain.

 

Kepala DKUKPM Kabupaten Klaten, Anang Wijatmoko mengatakan kegiatan sosialisasi pedagang pasar gedhe klaten tersebut bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan pasar yang baru kepada para pedagang serta menjadi sosialisasi awal yang kemudian akan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait pembagian kluster dagang. 

 

“Saat ini kami mengundang kurang lebih 600 pedagang ke Pasar Gedhe ini. Ini kami lakukan dalam rangka sosialisasi pemindahan Pasar Darurat ke Pasar Gedhe yang baru. Patut kita banggakan karena Pasar Gedhe yang kita ini merupakan pasar pertama di Kabupaten Klaten yang menggunakan energi terbarukan yaitu tenaga pembangkit listrik tenaga surya,” ujar Anang. 

 

Lebih lanjut, Anang memaparkan bahwa Pasar Gedhe Klaten dibagi menjadi empat zona yang nantinya keempat zona tersebut akan diperuntukkan untuk berbagai kluster yang berbeda. Dirinya menambahkan pedagang yang dapat masuk di pasar gedhe adalah pedagang yang memiliki ijin dagang dan kartu pedagang. 

 

“Pasar Gedhe ini ada empat zona. Ada zona A sebagai zona utama, zona B sebagai zona sekunder, serta zona C dan D nantinya akan ditempati oleh padagang semula. Pasar ini sudah dibuat senyaman mungkin untuk pengunjung, sehingga kami harapkan para pedagang dan pengunjung dapat memanfaatkan dengan baik dan jaga kebersihannya,” imbuhnya. 

 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa Pasar Gedhe Klaten merupakan pasar tradisional menuju semi modern. Selain itu ada beberapa sarana prasarana penunjang kenyamanan pengunjung salah satunya eskalator dan travelator. Dirinya berpesan kepada pengunjung dan pedagang unutk dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan maksimal, jaga kebersihan serta menjaga keberlangsung fasilitas yang ada. 

 

“Ini adalah pasar kebanggan Klaten. Pasar Gedhe ini adalah pasar tradisional yang semi modern di Klaten. Pasar ini dibangun sebagai bentuk pemulihan para pedagang ke tempat semula agar dapat berjualan dengan nyaman. Harapan saya bulan agustus mendatang, pasar ini dapat diresmikan. Sehingga saya minta kepada para OPD terkait dan pedagang untuk segera melakukan percepatan supaya dapat segera diresmikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat klaten,” tuturnya. (Prokopim Klaten)

Lebih baru Lebih lama