Karnaval Budaya Klaten 2023, Kecamatan Kalikotes Usung Potensi Seni Dan Hasil Bumi

 

Plt Camat Kalikotes Veronica Retno dan sejumlah kepala desa saat berfoto dengan Bupati Sri Mulyani. Sabtu, (19/08/2023)


Kasihinfo.com Klaten – Berbagai seni budaya yang ada di masing-masing kecamatan di Klaten Jawa Tengah, turut ambil bagian dalam gelaran, karnaval budaya Kabupaten Klaten tahun 2023, menyusuri jalan utama Kota Klaten. Sabtu, (19/08/2023).

 

Karnaval Budaya Kabupaten Klaten tahun 2023 ini diikuti oleh 29 kontingen, sebanyak 26 di antaranya merupakan kontingen dari kecamatan. Penampilkan dari peserta dibuka dengan tari Tumpeng Rombyong yang dibawakan siswa tingkat SMA di bawah binaan Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten.

 

Peserta karnaval berjalan dari Taman Lampion di Jalan Veteran hingga mempersembahkan penampilan di depan panggung kehormatan yang berada di Rumah Dinas Bupati Klaten di Jalan Pemuda. Tampak antusiasme masyarakat menyaksikan penampilan di sepanjang jalan utama Kota Klaten.

 

Dalam karnaval tersebut kecamatan Kalikotes menampilkan potensi seni dan budaya tradisional yang di beberapa desa di Kalikotes. Seperti seni angklung oleh para siswa dan guru SMPN 1 Kalikotes dan seni wayang orang yang ada di desa Krajan.




Plt kecamatan Kalikotes, Veronica Retno Setyaningsih mengatakan, dalam karnaval kali ini menampilkan kesenian tradisional wayang orang, dimana para peraganya adalah para perangkat desa dari seluruh desa di kecamatan Kalikotes dan staf pemerintah kecamatan. Tidak lupa, di bagian depan peserta, ada sebuah ornamen ikan kotes sebagai ikon kecamatan Kalikotes.  

 

“ Saya memperagakan tokoh Arimbi. Seluruh staf kecamatan dan beberapa poerangkat desa juga dandan wayang orang. Selain itu, kami juga disupport oleh segenap civitas akademika SMP Negeri 1 Kalikotes yang akan menunjukkan kebolehannya dalam bermain angklung. Kata Veronica Retno Setyaningsih.

 

Sesampai panggung kehormatan, Plt Camat dan perangkat desa memberikan oleh-oleh khas kecamatan Kalikotes kepada Bupati Klaten Sri Mulyani.




 

“ Di panggung kehormatan, kami memberikan Ibu Bupati telur ayam arab produk para peternak di desa Krajan, dan sayuran segar hasil dari hidroponik tirta arum desa Kalikotes. “ jelas Veronica Retno.

 

Bupati Klaten, Sri Mulyani yang hadir menyampa langsung setiap kontingen Karnaval Budaya yang tampil. Ia mengapresiasi penyelenggaraan karnaval yang menjadi rangkaian agenda peringatan Hari Jadi Klaten dan HUT RI tersebut.

 

Karnaval tersebut, menurutnya menjadi penghiburan bagi masyarakat Klaten sekaligus memberikan semangat bagi pelaku seni budaya di setiap wilayah kecamatan. Ia menjelaskan karnaval budaya juga sebagai ajang mempromosikan potensi seni budaya yang ada di setiap wilayah Kabupaten Klaten.

 

“Alhamdulillah masyarakat terhibur, potensi di wilayah juga ditampilkan,” ungkapnya.

 

Bupati juga berharap seluruh rangkaian kegiatan Hari Jadi Klaten dan HUT RI yang digelar dapat memberikan dampak kebangkitan ekonomi masyarakat. Khususnya para pelaku UMKM di Kabupaten Klaten.

Lebih baru Lebih lama