Ribuan Umat Katolik Ikuti Misa Akbar 1 Abad Paroki St. Maria Assumpta Klaten

 

Uskup Agung Semarang, Monsinyur Robertus Rubiyatmoko. (Senin, 14/08/2023). (Foto: komsos GMA)


Kasihinfo.com Klaten - Ribuan umat katolik di Klaten Jawa Tengah, senin petang,(14/08/2023) mengikuti misa akbar 1 abad paroki Santa Maria Assumpta Klaten. kirab dua gunungan, seni tari dan iringan gamelan warnai misa akbar yang dipimpin Uskup Agung Semarang, Monsinyur Robertus Rubiyatmoko.

 

Perayaan misa akbar 1 abad Paroki Santa Maria Assumpta Klaten  atau yang sering disebut Paroki Klaten, diawali dengan kirab dua gunungan sayuran dan aneka jajanan diiringi dengan tarian tradisional. Selain dihiasi sejumlah ornamen janur di dalam gereja, misa akbar juga diiringi dengan gamelan.

 

Misa akbar yang dipimpin oleh Uskup keuskupan agung Semarang, Monsinyur Robertus Rubiyatmoko tersebut, juga di hadiri sejumlah pastur yang pernah berkarya di paroki setempat, serta sejumlah pastur, suster dan bruder yang berasal dan berkarya di klaten jawa tengah.

 

Misa akbar mengambil tema “mewujudkan iman teguh, berkarya penuh, demi indonesia damai”.

 

Dalam kotbahnya, Uskup Rubiyatmoko mengajak seluruh umat untuk rukun bersatu padu dan sunguh-sungguh mewujudkan satu kesatuan  dengan harapan  Paroki Santa Maria Assumpta Klaten semakin guyub semkain rukun semakin harmonis karena itu menjadi salah satu bentuk pewartaaan di tengah masyarakat.

 

Paroki klaten dalam perkembangan selama 100 tahun dikenal sebagai paroki yang konsisten dalam membawa misinya yaitu membawa damai, membawa suka cita, tidak pernah berubah dari waktu ke waktu.

 

“ Tadi sebelum misa dimulai, Romo Kriswanto bercerita jika ada seorang pendeta mengatakan jika Paroki Klaten dari dulu hingga sekarang selalu konsisten dalam membawa misinya yaitu damai, dan sukacita. “ Kata Uskup.


Sejumlah penari dan dua buah gunungan saat misa akbar 1 Abad Paroki St. Maria Assumpta Klaten. (Foto : Komsos GMA)


Uskup Rubiyatmoko mengajak untuk selalu mempertahankan ciri khas di tengah masyarakat, bahwa orang katolik itu damai, dan selalu membawa cinta kasih di tengah masyarakat.

 

Seperti diketahui, Paroki Santa Maria Assumpta Klaten atau Paroki Klaten selama 1 abad sudah memekarkan menjadi 9 paroki lainnya, yang tersebar di wilayah kabupaten Klaten. Jumlah pastur yang berasal dari klaten ada sekitar 38 imam, sedangkan untuk suster ada 70 orang dan bruder ada 8 orang. (H-D).

Lebih baru Lebih lama