Peduli, Unwidha Klaten Salurkan 10 Tangki Air Bersih Ke Kemalang

 



Kasihinfo.com Klaten – Universitas Widya Dharma Unwidha Klaten, kembali menyalurkan bantuan air bersih ke lereng merapi kabupaten Klaten Jawa Tengah. Ada sekitar 10 tangki yang disalurkan ke 5 desa di wilayah keccamatan Kemalang Klaten. Kamis,(21/09/2023).


Wakil Rektor bidang akademik Unwidha Klaten, Dr. Purwo Haryono, M.Hum mengatakan, kegiatan sosial program bantuan air bersih sebagai rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unwidha Klaten. Selain dari mahasiswa juga ada bantuan dari dinas kehutanan propinsi jawa tengah wilayah 10 Surakarta dan dari DSH Klaten.


“ Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dari DSH dan Dinas kehutanan Propinsi Jawa Tengah atas partisipasinya dalam kegiatan sosial, yang sangat dibutuhkan warga terdampak kekeringan di wilayah kabupaten Klaten”. Katanya.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Lagistik BPBD Klaten, Rujedy Endro Suseno mengatakan, hingga saat ini, BPBD Klaten sudah menyalurkan 377 tangki air bersih ke sejumlah daerah. Rujedy mengucapkan terima kasih atas partisipasi pihak pendidikan khususnya Unwidha, telah mensuport untuk warga di lereng merapi, yaitu menyalurkan air bersih.


“ Kami mewakili Pemkab Klaten mengucapkan terimakasih atas partisipasinya dari Unwidha, telah berikan air bersih bagi warga di lereng gunung merapi. Prediksi dari BMKG, keberlangsungan musim kemarau akan berlangsung hingga bulan desember, mudah mudahan tidak sampai bulan desember”. Ungkap rujedy.


Rujedy menambahkan, selain melakukan droping air, BPBD akhir-akhir ini juga menangani kebakaran hutan dan lahan. Banyak sekali kebakaran di lahan dan rumah dikarenakan kekeringan.


Sedangkan direktur Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten, Janu Kurniawan mengatakan, Ini sudah pekan ke 3, DSH memberikan sebanyak 43 layanan ke beberapa wilayah di kabupaten Klaten, seperti diwilayah Kemalang, Bayat, Karangdowo, Jatinom dan beberapa wilayah perbatasan kabupaten dan Gunungkidul DIY.


Program air bersih menjadi program unggulan DSH Klaten yang tahun lalu mendapatkan award nasional dari forum zakat, mengingat kebutuhan air menjadi kebutuhan dasar.


“ kami terbuka bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi dan peduli kepada masyarakat yang lainnya, khususnya untuk air bersih”. Kata Janu.(H-D)

Lebih baru Lebih lama