2 Tahun Lebih Dari Swadaya Warga, Akhirnya Honor Dua Penjaga Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu Desa Ketandan Dianggarkan Pemerintah

 



Kasihinfo.com klaten - Perlintasan kereta api yang berada di dukuh Karangnongko, desa ketandan  kecamatan Klaten Utara Klaten, setiap harinya, sejak pukul 5 pagi, hingga pukul 12 malam, ada dua petugas secara swadaya menjaga keamanan  dan membantu akses warga sekitar di perlintasan kereta api desa setempat. Dua petugas menjaga hingga pukul 9 malam selanjutnya dijaga oleh petugas ronda malam warga sekitar hingga pukul 12 malam  dan selanjutnya jalan ditutup total.


Kepala desa (kades) ketandan, Hefi Sudarmawan  mengatakan, pintu perlintasan kereta api tersebut ada penjaga sejak dua tahun enam bulan lalu. Selama ini, honor bagi penjaga itu dibiayai warga menggunakan uang jimpitan serta donasi perseorangan maupun Perusahaan. Harapanya, honor bagi dua petugas tersebut bisa dipihaki oleh pemerintah setempat.


“ Sudah sekitar 2 tahu 6 bulan mas, perlintasan kereta api tanpa palangpintu di dukuh Karangnongko desa Ketandan ini dijaga oelh dua orang warga setempat. Dan selama ini, hornor dua orang penjaga tersebut dibiayai warga secara swadaya dari uang jimpitan ataupun donasi dari perusahaan sekitar. Harapan kami, ada perhatian dari pemerintah setempat terkait honor dua warga tersebut”. Katanya Pak Kades.


Atas inisiasi Polres Klaten, akhirnya dilaksanakan program jumat curhat di sekitar lokasi pintu perlintasan dukuh Karangnongko desa Ketandan, mempertemukan berbagai pihak untuk mencarikan solusi atas curhatan dari warga desa ketandan, antara lain pihak pemerintah desa, warga sekitar, PT KAI, POL PP Klaten dan Dishub Klaten. Kamis,(14/9/2023)


“ Mendengan banyaknya curhatan dari warga desa ketandan dan sekitarnya atas keberadaan perlintasan kereta api yang secara swadaya dijaga oleh warga sekitar, maka kami, Polres Klaten mengadakan rembuk bersama dalam progra jumat curhat, dengan mempertemukan pihak yang berkompeten, sehingga berbagai permasalah segera mendapatkan solusi. Kegiatan jumat curhat kami selenggarakan kamis, mengingat hari jumat kegiatannya terlalu banyak.” Kata Kapolres Klaten, AKBP Warsono.


Dari pertemuan tersebut, Dishub menyatakan honor untuk petugas penjaga pintu di dukuh Karangnongko,  desa Ketandan, sudah diusulkan dalam perencanaan apbd 2024.


“ Ya mas, kami sudah anggarkan di tahun 2024, dengan anggaran petugas keamanan untuk dua orang.” Katan Kepala Dishub Klaten, Supriyono. (H-D)

Lebih baru Lebih lama