Aksi Bela Palestina, Wakil Rektor UMKLA Bacakan 10 Tuntutan

Ratusan mahasiswa Umkla, gelar aksi bela Palestina, Selasa, (7/05/2024) 


kasihinfo.com Klaten - Universitas Muhammadiyah Klaten bersama dengan 171 universitas di bawah naungan Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (FR PTMA) se-Indonesia menggelar aksi bela Palestina secara serentak, Selasa (7/5/2024) pukul 10.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Universitas Muhammadiyah Klaten terhadap kejadian yang terjadi di Palestina saat ini.


Sebanyak kurang lebih 500 orang, terdiri atas Rektor, dosen, BEM, IMM serta ratusan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Klaten berkumpul di ruang terbuka komplek UMKLA . Aksi diawali dengan pembacaan riwayat konflik di Palestina hingga sekarang.


Koordinator Aksi yang juga Wakil Rektor UMKLA, Sutaryono mengatakan, Ada 10 tuntutan yang diajukan UMKLA bersama Forum Rektor PTMA di antaranya kutukan terhadap Israel atas agresi militer yang dilakukan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza. 


“UMKLA juga mengecam kebijakan pemerintah Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Jerman serta beberapa negara sekutu lainya atas dukungan mereka terhadap Israel. Mendukung Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) untuk menghakimi Perdana Menteri Israel, Benyamen Netanyahu”,katanya.


Setelah pembacaan 10 tuntutan aksi damai Forum Rektor bersama Wakil Rektor UMKLA, aksi dilanjutkan dengan pembacaan puisi keprihatinan atas penderitaan warga Palestina, orasi perwakilan dari IMM, BEM , dosen yang kemudian ditutup dengan doa.


Ketua BEM UMKLA,  Ahmad Izudin dalam orasinya mempertanyakan kepada peserta aksi tentang sejauh mana jiwa kemanusiaan setelah melihat trgedi yang dialami saudara muslim di Palestina.


“Tanyakan kepada hati nurani kita masing masing, apa yang sudah kita lakukan untuk embantua saudara kita, Siapkah kita menjadi relawan kesehatan untuk menolong saudara kita di Palestina, ayo kita terus berdoa agar Palestina segera merdeka bebas dari belenggu kedzoliman Israel”,ucapnya.(Nur) 

Lebih baru Lebih lama