Hardiknas, Ratusan Siswa Dan Guru SMPN 5 Klaten Gelar Market Day

 

Terlihat sejumlah siswa dan guru SMPN 5 Klaten sedang menjajakan dagangannya dalam market day. Kamis, (2/5/2024). 


Kasihinfo.com Klaten – sebagai rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), ratusan siswa SMPN 5 Klaten menggelar market day di halaman sekolah setempat. Kamis, (2/5/2024).


Masing-masing kelas menyajikan satu stand, ditambah satu stand dari gabungan para guru. Ada 25 stand yang menyajikan inovasi dan kreasi dengan ketentuan meminimalisir penggunaan plastik.


Makanan dan minuman hasil kreasi siswa tersebut antara lain siomay, empek-empek, aneka bakso, berbagai makanan dengan sajian daun pisang, serta aneka minuman segar, dengan harga terjangkau bagi para siswa.


Kepala SMPN 5 Klaten Endah Sulistyowati mengatakan, kegiatan market day digelar sebagai rangkaian peringatan hardiknas tahun 2024 dan sesuai tema dari kemendikbud “Bergerak Bersama mewujudkan Merdeka Belajar”.


“ Kami mengambil tema kecil, bagaimana anak-anak merdeka belajar melalui program kewirausahaan, market day dan program inovasi yang digagas anak-anak sendiri,’’ ujar Endah Sulistyowati.


Endah menambahkan selain kewirausahaan, sesuai sekolah setempat yang merupakan sekolah penggerak, mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, dimana anak-anak yang milenial dekat dengan IT, maka pihak sekolah memberikan wadah dengan pembuatan seperti membuat konten baik itu podcast, cerita, film pendek, puisi, dengan tema pendidikan di era milenium supaya anak bisa merdeka belajar.


Kegiatan tersebut dinilai terkait inovasi yang dilakukan, ke gotong royongan, cara dan strategi yang dilakukan dalam menjajakan makanan dan minuman.


Mariam dan luluk, dua siswi kelas 8F, membuat kebab dan naget nasi kepal nori yang dijual dengan tempat daun pisang. Mereka mengaku bisa membuatnya, belajar dari media sosial.


" Ini buat kebab dan naget nasi kepal nori. Kami belajar dari berbagai medsos, " Katanya. 

 

 

 

Lebih baru Lebih lama