Beautifikasi Stasiun Klaten, Upaya Peningkatan Pelayanan KAI dan Percantik Pintu Gerbang Kota

 


kasihinfo.com Klaten - Stasiun Klaten menjadi pintu gerbang utama yang dilalui para pendatang dari luar kota, baik untuk tujuan wisata ataupun lainnya. 


Perwajahan Stasiun Klaten dapat menjadi identitas atau simbol yang memberikan kesan pertama bagi pengguna kereta api dari luar kota sebelum memasuki jantung kota.


Image yang cantik tentunya dapat memberikan efek "mengundang" sehingga dapat meningkatkan kunjungan di Kota Seribu Candi dan Seribu Umbul Mata Air ini.


Oleh karenanya, upaya mempercantik perwajahan salah satu pintu gerbang Kabupaten Klaten ini pun dilakukan KAI Daop 6 Yogyakarta.


Beautifikasi Stasiun Klaten tersebut dilakukan salah satunya sebagai upaya untuk mendukung Kabupaten Klaten untuk terus tumbuh.


Dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Klaten tentunya akan menjadi kolaborasi yang baik dalam rangka memberikan nilai tambah bagi masyarakat.


Di sisi lain, Daop 6 juga bersemangat memberikan peningkatan layanan kepada pelanggan kereta api melalui beautifikasi ini.


Stasiun Klaten merupakan stasiun yang terus tumbuh dengan volume penumpang yang semakin naik dari tahun ke tahun. 


Hal tersebut terlihat dari data Daop 6 yang menunjukkan jumlah volume penumpang yang terus naik sejak adanya wabah Covid-19. Pada tahun 2021 terdapat volume penumpang sebanyak 187.342, sedangkan tahun 2022 terdapat peningkatan sebesar 136% dari 2021 menjadi 442.470 penumpang KA. Untuk tahun 2023 terdapat peningkatan sebesar 217% dari 2021 menjadi 593.408 penumpang KA. Kemudian di tahun 2024 dan selanjutnya diprediksi akan terus meningkat.


Saat ini penumpang KA Jarak jauh di Stasiun Klaten rata-rata perharinya mencapai 800 penumpang, dan penumpang KRL rata-rata mencapai 1.300 penumpang per harinya. 


Kereta yang dilayani Stasiun Klaten juga cukup banyak dan beragam. Hampir semua daerah dilayani perjalanan KA menuju kota ini, yaitu sebanyak 64 KA Antar Kota, dan 30 KA Perkotaan yang terdiri dari 24 perjalanan KRL dan 6 perjalanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo.


Ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi Kabupaten Klaten untuk meraih tingkat kunjungan yang lebih baik lagi dengan peningkatan layanan transportasi perkeretaapian. 


Melalui beautifikasi, Stasiun Klaten akan menjadi lebih luas di beberapa area seperti ruang tunggu dan area parkir sehingga dapat mengakomodir lebih banyak penumpang KA serta meningkatkan kenyamanan pelanggan. Fasadnya juga akan dipercantik dengan konsep open space agar terasa lebih lega dan tentunya tanpa mengubah unsur heritage Stasiun.


Saat ini proses beautifikasi Stasiun Klaten masuk tahap persiapan dimana pada Kamis (6/6) sudah dilakukan penertiban dan penataan Kawasan di sekitar Stasiun. Proses tersebut berjalan kondusif dan tentunya kami berterima kasih atas dukungan pemerintah dan masyarakat.


Beautifikasi Stasiun Klaten ditargetkan rampung dan melayani pelanggan dengan baik pada tahun 2024. (humas daop 6 Yogyakarta)

Lebih baru Lebih lama