Hari Sampah Nasional, Ratusan Warga Lakukan Bersih Lingkungan

Romo Slamet Riyanto,Pr (tengah) saat memberikan sambutan
didampingi perwakilan komunitas, dan elemen lintas agama


Kasihinfo.com karangnongko - Dalam rangka memperingati hari sampah nasional, minggu pagi, 24 februari 2019 ratusan warga dari berbagai elemen di klaten jawa tengah melakukan bakti sosial bersih lingkungan. Berlokasi di seputaran sungai karangsanggung(kali lubang dan kompil), desa Blimbing, kecamatan Karangnongko,  Klaten Jawa Tengah,  berbagai elemen masyarakat bergotong royong melakukan bakti sosial peduli sampah .
Menurut salah satu penggagas kegiatan yang bertajuk bhakti sosial bersih lingkungan , romo slamet riyanto, Pr mengatakan , kegiatan bakti sosial dilakukan dalam rangka memperingati hari sampah nasional . Dalam kegiatan ini diikuti berbagai elemen dan komunitas lintas agama, seperti pemuda hindu, pemuda kristen,  relawan Pusaka, Bagana,  Banser,  Jrc,  Aries,  orang muda katolik(omk), komunitas bronjong dari wedi , komunitas sekolah sungai, perwakilan lion club, serta warga masyarakat sekitar lintas agama.
bersih sungai karangsanggung, di desa blimbing, karangnongko
Bakti sosial yang dilakukan yaitu bersih sungai,  bersih tempat-tempat ibadah dan fasilitas umum,  bersih sumber air,  bersih pasar, penebaran ikan ,penanaman pohon gayam guna menyerap air tanah,  serta dilakukan pengobatan gratis.  selain mewujudkan kepedulian masyarakat terhadap sampah semakin meningkat, diharapkan dengan bhakti sosial bersih lingkungan ini juga mewujudkan toleransi beragama,  terlebih mendekati pemilu yang rawan intoleransi beragama, dengan harapan kerukunan antar umat beragama tetap terjaga, walaupun berbeda pilihan.
“ kegiatan ini dilakukan selain sebagai rangkaian kegiatan hari sampah nasional, juga untuk menyatukan berbagai elemen masyarakat lintas agama yang ada di masyarakat sekitar, guna mewujudkan toleransi beragama, terlebih mendekati pemilu yang rawan intoleransi beragama, dengan harapan tetap rukun dan damai dalam rasa cinta kasih” Ungkap romo slamet.
Melihat adanya kegiatan masyarakat peduli lingkungan, pemerintah kabupaten klaten melalui bpbd kabupaten klaten sangat mengapresiasi,  pasalnya kegiatan tersebut sangat bagus,  dan sesuai dengan apa yang diinginkan pemkab klaten,  serta gubernur jawa tengah ganjar pranowo  , salah satunya peduli sungai .
“ pemkab klaten sangat mengapresisi kepedulian warga masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, salah satunya bersih sungai. Diharapkan akan terus muncul berbagai kegiatan semacam yaitu peduli lingkungan masyarakat di daerah lainnya” ungkap staf BPBD klaten Aswito.
lakukan bersih sampah di pasar puluhwatu
Sedangkan, Hari peduli sampah nasional sendiri pertama kali ditetapkan pada tahun 2005 tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di tpa leuwigajah, cimahi, jawa barat pada tanggal 21 februari. Adanya insiden tersebut menjadi pemicu untuk dicanangkannya hari peduli sampah nasional.  Adanya hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.(hd)

Lebih baru Lebih lama