Mulai Penyortiran dan Pelipatan, Kerusakan Didominasi Noda Tinta Pada Kartu Suara Pilpres

Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani saat memberi penjelasan
kepada tenaga sortir dan lipat kartu suara pilpres di kantor KPU Klaten


Kasihinfo.com Klaten - Mulai hari ini, Rabu, 27 Februari 2019,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten klaten melakukan sortir, lipat kartu suara pilpres 2019. Proses pelipatan dilakukan di kantor KPU Klaten Jl. Mayor Kusmanto no 25 klaten. Ada sekitar 460 orang yang dilibatkan dalam proses penyortiran dan pelipatan kartu suara pilpres kali ini.

Menurut ketua KPU klaten, Kartika Sari Handayani mengatakan, proses penyortiran diperkirankan membutuhkan waktu 3 hari. Kartu suara sendiri ada sebanyak 1.024.617 dan jumlah tersebut sudah sesuai dengan jumlah pemilih yang ada kabupaten klaten yaitu sekitar 1.004.526 ditambah 2 persen dari daftar pemilih. Selama proses penyortiran jenis kerusakan kartu paling banyak karena ada noda tinta pada kartu suara, dikarenakan proses pencetakan kartu suara yang tidak maksimal.

“jenis kerusakan kartu suara yang paling banyak ditemukan karena adanya noda tinta berbentuk lingkaran kecil, dan berada di dalam kotak gambar capres cawapres, karena pencetakan yang kurang maksimal. Nantinya kartu suara yang rusak akan dihitung dan dilaporkan ke KPU propinsi untuk dimintakan ganti” katanya.


Sedangkan kordiv organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten klaten, Dina Nur Hidayati mengatakan , selama proses pelaksanaan penyortiran dan pelipatan, bawaslu klaten turut melakukan pengawasan. Hal ini dilakukan untuk memastikan proses penyortiran surat suara berjalan lancar, dan diharapkan ketika nantinya di lapangan, tidak lagi ditemukan surat suara yang rusak.

“ini kita pastikan nantinya kartu suara yang terdistribusi tidak ada kartu suara yang rusak, diharapkan sekecil apapun jenis kerusakan akan terindikasi” kata dina.

Salah satu tenaga pelipat, Datin warga Danguran, Klaten Selatan mengaku senang bisa terlibat dalam proses penyortiran dan pelipatan kartu suara, Karena bisa menambah penghasilannya walaupun hanya berlangsung 3 hari, dengan ongkos 65 rupiah per kartu suara. Datin yang keseharian sebagai buruh ini jadi tenaga lipat bersama teman dan tetangga kampung.(hd)


Lebih baru Lebih lama