Revolusi Industri 4.0, Endang DPR RI Dorong Munculnya Kreator Industri Digital


Kasihinfo.com Klaten – Melihat perkembangan teknologi yang sangat pesat, mau tidak mau, masyarakat dituntut untuk mengimbangi kemajuan tersebut, salah satunya dengan peningkatan kemampuan sumber saya manusia(SDM). Industri kreatif salah satu yang banyak berkembang di berbagai kalangan, dengan memanfaatkan peralatan teknologi yang semakin canggih.

Untuk itu, Anggota DPR RI, Endang Srikarti Handayani Menggandeng Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong munculnya pewirausaha di industri digital melalui berbagai kegiatan workshop. Bertempat di desa jungkare, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, ratusan warga yang didominasi kalangan muda mengikuti workshop animasi menuju Indonesia cerdas dalam revolusi industri 4.0.

Endang mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan agar masyarakat khususnya anak muda mengetahui industri digital, salah satunya animasi. Kedepannya agar semakin banyak bermunculan kreator animasi, dan yang pasti bisa mendatangkan pendapatan dari karya mereka, dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

 “sebagian besar masyarakat sudah mempunyai hanphone, ipad, atau laptobe serta lainnya , itu semua bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin guna mendatangkan penghasilan” kata Endang Srikarti Handayani usai membuka workshop animasi di Joglo aspirasi Desa jungkare pada, selasa (26/2/2019).

Sementara itu Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Janu Suryanto mengatakan, Perkembangan Industri animasi saat ini Setiap tahunnya naik sekitar 10 persen, baik animasi industri game, animasi industri perfilman, serta animasi industri pertelevisian. Saat ini pemerintah terus mendorong perkembangan industri digital salah satunya industri animasi dengan peningkatan sumber daya manusia, sekaligus peningkatan sarana-prasarana teknologinya.

“saat ini pemerintah terus melakukan terobosan salah satunya menyediakan server yang ada di dalam negeri, sehingga ketika animator atau para pengguna internet mau mendowload aplikasi dan game, tidak harus menggunakan server yang ada di luar negeri salah satunya Amerika, cukup dengan server yang ada di dalam negeri saja”kata Janu Suryanto.(hd)

Lebih baru Lebih lama