Di Serang Hama, Tanaman Sayuran Layu dan Mati

Petani saat menunjukan sayuran yang layu karena diserang hama

Kasihinfo.com Boyolali - Tingginya curah hujan yang sering terjadi, di boyolali, dan sekitarnya, dalam beberapa pekan terakhir, membuat tanaman sayur milik sejumlah petani di lereng merbabu, kecamatan selo, boyolali,di serang hama sayuran.

Sayuran tersebut seperti kobis dan sawi mudah terserang hama ulat yang meyerang daun dan akar, akibatnya sayur menjadi layu dan mati. 

Para petani pun telah melakukan berbagai macam upaya termasuk menyemprot tanaman dengan pestisida untuk mengendalikan serangan hama tanaman, namun, tidak berhasil. Tanaman sayur tetap rusak, dan hasilnya tidak maksimal.

Menurut salah satu petani lereng Merbabu,Panut mengaku, rusaknya tanaman sayur, tidak hanya karena hama, namun, juga dipengaruhi oleh aktifitas merapi akhir akhir ini, yang mengakibatkan suhu di sekitar gunung merapi menjadi panas, kemudian disusul curah hujan yang tinggi,sehingga tanaman menjadi layu dan mati.

“sebenarnya tanaman sayuran rusak tidak hanya disebabkan oleh hama saja, melainkan pengaruh suhu di seputaran lereng merbabu yang kadang panas, dan kadang cutah hujan yang tinggi” kata panut.

Para petani hanya bisa pasrah dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat saat ini. petani berharap, pemerintah terkait dapat membantu memberikan  penanganan  dini, agar tidak gagal panen, dan petani mengalami kerugian yang cukup banyak(J-L)


Lebih baru Lebih lama