Jetis Deklarasikan Sebagai Desa Damai


Kasihinfo.com Klaten -  Setelah sebelumnya desa nglinggi kecamatan klaten selatan dan desa gemblegan kecamatan kalikotes klaten, kini tambah satu desa lagi yang mendeklarasikan sebagai desa damai. Desa tersebut adalah desa Jetis, Kecamatan Klaten Selatan, yang dilaksanakan pada hari minggu, 3 maret 2019.

Deklarasi ditandai dengan pelepasan burung merpati serta penandatanganan prasasti desa jetis sebagai desa damai oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, yang didampingi oleh Direktur Wahid Foundation Musbaha Hamdi, Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan SH MM, Ketua TP PKK Klaten Selatan Nindyarini Budi Wardani, Gus Jazuli, Kades Jetis Mulyatno, dan tokoh lainnya.

“Saya sangat mengapresiasi atas deklarasi desa jetis sebagai desa damai, karena ini sangat bagus,dan positif. Semoga, hal ini akan diikuti oleh desa lainnya. Jadi desa Jetis merupakan  desa ke tiga yang mendeklarasikan desa damai di klaten” kata Bupati.
Rangkaian kegiatan deklarasi diisi dengan jalan sehat, penampilan karya anak-anak muda desa, pameran produk-produk hasil tangan kelompok ibu-ibu desa binaan Wahid Foundation.

Desa Jetis adalah salah satu Desa Damai dampingan Wahid Foundation. Lebih dari satu setengah tahun belakangan, desa ini mendapat pendampingan WF selain desa Nglinggi Kec Klaten Selatan dan Gemblegan Kec Kalikotes. Berbagai pelatihan tentang toleransi, skil bicara di muka umum, lobi, dan kewirausahaan berhasil menyasar ratusan ibu-ibu desa di tiga desa tersebut. Lewat program ini mereka berhasil membuat produk-produk usaha khas desa dan menjadi salahsatu penggerak Desa Damai.

"Kami sangat berterima kasih kepada Wahid Foundation yang sudah bekerja sama selama ini. Selain dapat langsung dirasakan warga, pendampingan ini juga meningkatkan penguatan nilai-nilai toleransi yang selama ini sudah terbangun. Pemerintah Desa Jetis juga tengah belajar menyusun peraturan tentang Desa Damai dengan indikator yang disepakati," kata kepala desa Jetis Mulyatno.(kmt)


Lebih baru Lebih lama