Pentingnya Cukup Gizi Demi Prestasi dan Tumbuh Kembang Anak



Ahli Gizi RSCH, fitria ketika memberikan penkes kepada siswa 
Kasihinfo.com klaten – Mendekati pelaksanaan ujian, pihak sekolah Dasar (SD) Harum Mulia, Desa Padas, Kecamatan karanganom Klaten, menggandeng Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten untuk memastikan kondisi kesehatan anak didik , sekaligus memberikan pendidikan kesehatan bagi mereka.

Dalam pelaksanaan penkes, Humas RSCH Klaten, Sukarno mengatakan, para siswa disekolah setempat mendapatkan penyuluhan dari tim gizi rumah sakit, terkait materi pentingnya sarapan di pagi hari bagi kesehatan dan prestasi.

“hari ini selain melakukan screening kesehatan para siswa, kami juga melakukan penyuluhan kesehatan kepada  para siswa, akan pentingnya kecukupan gizi dan sarapan pagi bagi kesehatan dan prestasi anak” katanya.

Sukarno menambahkan, seringkali anak-anak melewatkan sarapan di pagi hari sebelum berangkat kesekolah dengan berbagai alasan, baik terburu-buru, masih kenyang maupun ngantuk. Padahal sarapan bagi anak merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak, baik untuk pertumbuhan, untuk perkembangan kecerdasan, bahkan bisa mencegah kegemukan, karena Saat anak lapar dan tidak tersedia makanan dari rumah, anak akan cenderung jajan makanan yang manis dan gurih (kemilan, gorengan, minuman soda). Akibatnya terjadi ketidak imbangan gizi dan kelebihan kalori yang dapat memicu kegemukan.

Sedangkan Ahli Gizi RSCH Klaten, Fitria Kusuma Dewi mengatakan, kecukupan gizi bagi siswa tentu dapat menangkal berbagai penyakit serta dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat yang dapat menunjang kecerdasan para siswa.

“jika anak anak gizinya seimbang, maka akan sangat baik dalam proses tumbuh kembang anak, meningkatkan kemampuan belajar yang baik, serta memberikan dampak positif untuk perkembangannya di masa depan”ungkapnya.(h-d)


Lebih baru Lebih lama