Ribuan Umat Hindu Gelar Melasti Di Umbul Geneng


Kasihinfo.com Klaten - Ribuan umat Hindu dari Kabupaten Klaten mengikuti upacara Melasti di Umbul Geneng, Desa Ngrundul,  Kecamatan Kebonarum pada Minggu (3/03/2019). Melasti diawali dengan prosesi arak-arakan dengan menempuh jarak sekitar 2 km dari Pura Tirta Bhuana di desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah, dengan iringan baleganjur, sambil membawa Jempana, Gunungan, serta berbagai macam sesaji untuk menuju ke umbul Geneng, yang berada di desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Klaten , Jawa Tengah.
Sesampai di Umbul Geneng, Prosesi upacara Melasti pun dimulai dengan mendak Bethara, kemudian disusul mecaru, labuhan, pengambilan tirta suci, persembahyangan, percikan tirta suci dan bija sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan, dengan dipimpin oleh Resi Baudanda Sajiwo Telabah.
Menurut  Ketua Parisada Hindu Darma Klaten, I Gusti Hendrata Wisnu mengatakan, Melasti adalah salah satu rangkaian yang dilaksanakan umat hindu sebelum pelaksanaan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941. Melasti sendiri merupakan upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi, oleh seluruh umat Hindu.  Serta untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.
Wisnu menambahkan jika, sebentar lagi akan berlangsung pesta demokrasi , yaitu pileg, dan pilpres pada 17 april 2019, yang didahului pilkades di beberapa desa di Klaten pada 13 maret mendatang. “ Seluruh umat diharapkan untuk berpartisipasi demi kesuksesan pelaksanaan pemilu, yang terpenting tetap selalu menjaga kerukunan, kebersamaan serta persatuan, walaupun berbeda pilihan” kata wisnu.

Puncak rangkain hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941, akan dilaksanakan Tawur Agung Kesanga di pelataran komplek candi Prambanan, pada tanggal 6 maret 2019.(mgn)




Lebih baru Lebih lama