Jelang Nyepi, Umat Hindu Lakukan Mendak Tirta


Kasihinfo.com Boyolali - Ratusan umat hindu di boyolali, jawa tengah, sabtu sore,2 maret 2019 menggelar upacara mendak tirta atau pengambilan air suci di umbul siti inggil pengging.  Sebelum upacara dimulai,  ratusan umat hindu melakukan kirab dari pura dengan membawa berbagai sesaji menuju kompleks umbul atau mata air.

Kirab dengan berjalan kaki dari pura buana suci saraswati desa ngaru aru, kecamatan banyudono, boyolali, jawa tengah, dengan menempuh jarak sekitar 2 kilometer. Dalam upacara mendak tirta ini,  umat hindu juga membawa gunungan lanang dan wadon serta berbagai sesaji berupa jajanan pasar dan dupa.

Sesampai di kompleks umbul siti inggil pengging,  upacara mendak tirta atau pengambilan air suci diawali dengan persembahyangan di pinggir mata air atau umbul siti inggil. Upacara mendak tirta ini dilakukan dengan makna memohon ijin kepada yang maha widi untuk keselamatan dunia dan seisinya.

“dikarenakan di wilayah boyolali tidak ada lautan, maka pelaksanaan dilakukan di umbul, atau sumber air terdekat, dan umbul setempat kami anggap sakral, dimana getaran spiritualnya sangat kuat sekali, sehingga dengan mengambil air dari sumber ini diharap bisa membawa kedamaian, kebahagiaan dan keselamatan bagi seluruh umat manusia di bumi ini” kata Pinanditha Sutarto.

Air suci yang diambil dari mata air ini akan dibawa ke candi boko prambanan
,  digabung dengan air suci yang diambil umat hindu dari berbagai daerah.(rzg)



Lebih baru Lebih lama