Aktivitas Vulkanik Meningkat, 5 Desa Diguyur Hujan Abu Tipis

Foto yang diambil dr video amatir milik warga setempat sabtu pagi

Kasihinfo.com klaten - Aktivitas vulkanik gunung merapi sabtu pagi kembali meningkat. Setidaknya  sebanyak 7 kali luncuran awan panas terjadi selama kurun waktu 1 jam, dengan jarak luncur terpanjang mencapai 2 kilometer. Akibat luncuran awan panas tersebut, ada sekitar  5 desa di kawasan lereng merapi di klaten, jawa tengah sempat diguyur hujan abu tipis.

Pelaksana tugas Kepala BPBD Klaten, Dodhy Hermanu, saat di konfirmasi membenarkan hal tersebut.  Hujan abu tipis terjadi di desa Desa Sidorejo, Panggang, Talun, Tegalmulyo, dan Balerante. “ hujan abu hanya tipis, dan warga setempat tetap melakukan aktivitas seperti biasa” kata dodhy.

BPBD terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah relawan yang dan pemerintah desa yang berada di wilayah lereng merapi, terkait perkembangan merapi, serta memastikan masyarakat setempat masih beraktivitas seperti biasanya.

Sedangkan data dari bpptkg yogyakarta pada sabtu pagi terjadi sebanyak 7 kali luncuran awan panas.Akibat semburan awan panas yang terjadi beberapa kali pada sabtu pagi, kawasan lereng gunung merapi di desa balerante, kemalang, klaten sempat diguyur hujan abu tipis. Namun hujan abu tipis tersebut akibat sapuan angin yang mengarah ke barat daya.

Sedangkan salah saru relawan penjaga pos induk balerante, karlo mengatakan , Abu dari gunung merapi terlihat menempel di sejumah media,  seperti di jok motor dan dedaunan,  kendati demikian aktifitas warga masih tetap normal seperti biasa.(R-A)




Lebih baru Lebih lama